oleh

Benarkah, Sebatang Rokok Bisa Rusak Kesehatan Otak? Ini 5 Buktinya

PortalMadura.Com – Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan bukan hanya yang menghisap rokok, orang yang berada di sekitar perokok pun bisa terkena dampak buruknya. Racun yang tersebar dari rokok bisa merusak semua organ tubuh mulai dari ujung rambut sampai kaki. Karena lebih dari 4700 senyawa kimia berbahaya ada dalam sebatang rokok.

Efek buruk rokok tidak hanya mengganggu kesehatan jantung, paru-paru, kulit, mata dan janin bagi ibu hamil, namun juga bisa mempengaruhi kesehatan otak. Seperti apa?.

Berikut ulasannya:

1. Nikotin yang hadir dalam rokok akan mengaktifkan area otak yang terlibat dalam menghasilkan perasaan senang. Itulah sebabnya nikotin bisa membuat orang jadi kecanduan. Saat konsumsi nikotin dikurangi, penarikan ini bisa membuat seseorang jadi mudah tersinggung, gelisah, dan cemas.

Loading...

2. Merokok secara berlebihan juga bisa menyebabkan otak melemah dan menyusut. Maka tidak mengherankan jika perokok berisiko tinggi mengalami demensia, Alzheimer, insomnia, hingga sleep apnea.

3. Secara mengejutkan, rokok bisa mempengaruhi IQ. Sebabnya pasokan oksigen yang berkurang dan adanya karbon dioksida dari rokok bisa mengganggu sel sehat rokok.

4. Banyak yang bilang bahwa rokok akan membuat orang jadi lebih fokus. Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Merokok akan mengurangi kemampuan untuk berkonsentrasi secara efisien.

5. Perokok kronis memiliki risiko tinggi untuk terkena stroke. Sebabnya nikotin di dalam rokok bisa meningkatkan risiko deposisi plak di arteri yang berujung dengan stroke otak.

Saat seseorang berhenti merokok selama beberapa waktu, sebenarnya tubuh memiliki mekanisme tersendiri untuk memulihkan diri. Sehingga bagi Anda yang perokok, maka tidak ada kata terlambat untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini untuk memiliki kesehatan tubuh yang optimal. (merdeka.com/Desy)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar