PortalMadura.com

Bentuk Pokdarwis, Bangkalan Mulai Garap Potensi Wisata

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 07:30
Bentuk Pokdarwis, Bangkalan Mulai Garap Potensi Wisata

PortalMadura.Com, Bangkalan-Dinas Kebudayaan dab Pariwisata Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Gedung Serba Guna daerah setempat, Senin (4/12/2017).

Acara yang akan berlangsung selama 5 hari kedepan, yakni mulai tanggal 4 sampai 8 Desember tersebut merupakan komitmen Disbudpar dalam mengembangkan potensi wisata dengan cara peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang melibatkan lapisan masyarakat, pemuda dan mahasiswa melalui pelatihan.

“Biar masyarakat bisa mengembangkan wisata yang mempunyai potensi daya tarik wisata daerah yang berkelanjutan di Bangkalan, karena kami melihat, selama ini banyak potensi wisata, terutama potensi wisata alam di sini yang perlu dikembangkan,” terang Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disbudpar Bangkalan, Sumriyah.

Peserta yang berjumlah 30 orang tersebut rencananya akan digemleng oleh instruktur profesional dibidang pariwisata dan mengikuti praktek lapangan di destinasi wisata air terjun dan kebun di Desa Tonjung Kecamtan Burneh.

Para peserta yang terdiri dari beberapa elemen masyarakat tersebut diharapkan menjadi pelopor masyarakt wisata dan akan terus dibina oleh Disbudpar.

“Kegiatan ini merupakan komitmen kami, untuk menciptakan SDM yang profesional di bidang pariwisata di Bangkalan, dan para peserta ini akan menjadi kelompok binaan kami, untuk pengembangan pariwisata di Bangkalan,” katanya.

Senada dengannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangkalan, Lily Setiawaty Mukti mengatakan komitmen pengembangan pariwisata yang dimaksud merupakan penerapan “Sapta Pesona” potensi dasar wisata di Bangkalan yang dibilang menjanjikan.

Disbudpar menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan sarana dan prasarana pariwisata.

“Bagaimana kita kedepan bisa menerapkan konsep Sapta Pesona, makanya kita persiapkan semuanya termasuk sumber daya manusianya, orang-orang yang ada disekelilingnya, bagaimana menerima para wisatawan dan menyiapkan segala sesuatunya, kenyamanannya, keamanan dan keindahannya, itu yang perlu,” ujarnya.

Dikatakan, wilayah Kamal yang dikenal sebagai wilayah pantai memiliki banyk potensi wisata terutama potensi wisata laut.

Daerah yang dulunya menjadi tulang punggung perekonomian Bangkalan ini, meredup setelah diresmikannya jembatan Suramadu, sehingga Disbudpar memiliki inisiasi pelabuhan Kamal akan diperuntukkan juga sebagai wisata laut.

“Ya kalau di Kamal kan sudah dikenal dengan pelabuhan kan dari dulu, karena sekarang sudah bukan menjadi jalur utama bagi masyarakat yang akan ke Surabaya, maka akan kita kembangkan menjadi wisata laut, ada batu cenning dan mangruvenya juga ini yang akan dimaksimalkan,” tambahnya.

Dia berharap, masyarakat juga berperan dalam pengembangan pariwisata di Bangkalan dengan membangun image baik tentang daerah, karena dengan demikian wisata akan menjadi penopang ekonomi di masyarakat.

“Harapannya masyarakat juga berperan aktif dalam pariwisata ini, misalnya juga membangun image baik tentang daerah Bangkalan misalnya, dari sini kita dapat membangun masyarakat sadar wisata,” ungkapnya. (Hamid/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional