IPTEK  

Berapa Kali Kucing Harus Mandi dalam Sebulan?

Avatar of PortalMadura.com
Berapa Kali Kucing Harus Mandi dalam Sebulan?
Berapa Kali Kucing Harus Mandi dalam Sebulan?

PortalMadura.com- Biarpun merupakan hewan karnivora yang tidak suka mandi, tapi setelah menjadi kucing rumahan kucing perlu mandi. Memandikan kucing secara rutin dapat menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dan bulu kucing. 

Dengan menjadi lebih sehat & bersih, kucing akan ramah dengan seluruh elemen keluarga kamu, termasuk aman kalau diuyel-uyel anak. Karena kucing yang rutin mandi jauh dari kotoran, kutu dan jamur. 

Setelah sepakat bahwa kucing rumahan butuh mandi, mungkin kamu bertanya, ”Sebaiknya berapa kali memandikan kucing?”. Berikut penjelasan tentang “berapa kali dalam sebulan” yang kami kutip dari laman goldenmaze.net.

Berapa kali kucing boleh dimandikan?

Idealnya, kucing tidak boleh dimandikan terlalu sering, misalnya, sehari 2x, Oh, itu nggak boleh. Karena memandikan kucing terlalu sering dapat merusak bulu kucing. Keseimbangan kelembaban terganggu, bulu kusut hingga lapisan minyak di bulu kucing bisa hilang. 

Pada kondisi too much showering, kulit kucing bisa terserang iritasi. Iritasi dapat disebabkan oleh air ledeng, shampoo ataupun proses pengeringan yang tidak sempurna.

Lalu, sebaiknya berapa kali memandikan kucing? Untuk kucing indoor yang jarang keluar rumah sebaiknya kamu memandikan kucing sebulan sekali.

Jangan banyak tanya dulu! Nanti, kami jelaskan alasan dibalik rekomendasi tersebut.

Sebelum ke sana, kami ingin mengemukakan fakta menarik terlebih dahulu.  Kucing itu termasuk hewan yang suka menjaga kebersihan tubuhnya. Menurut Dr. Patricia O'Connor, saat di alam bebas, kucing sangat jarang mandi di sungai ataupun di danau. Mereka, kucing, membersihkan diri dengan cara menjilati bulu-bulunya setiap hari.

Di mana, setiap pagi hari pukul 09.00 kucing sering berjemur di atas batu dan menjilati bulu-bulunya. Kebiasaan ini lebih dikenal dengan istilah mandi kucing.

Di era kucing indoor, pemilik kucing yang mengamati gaya “mandi kucing” paham kalau ada bagian tubuh tertentu yang belum bersih. Akhirnya, pemilik kucing berinisiatif membantu kucing dengan memandikan kucing.

Menurut Drh. Elinor McGrath dari Chichago, ada beberapa ketentuan dalam memandikan kucing.

  • Kucing indoor yang tidak pernah keluar rumah, sebaiknya kamu mandikan minimal sebulan sekali. Tujuan memandikan kucing sebulan sekali adalah untuk mencegah kemunculan kutu & penyakit kulit pada kucing serta menghilangkan bau apek di badan kucing.
  • Kucing rumahan yang hidup indooroutdoor & sering keluar rumah, sebaiknya kamu memandikan kucing minimal 2 minggu sekali, atau sebulan 2 kali. Kucing yang keluar rumah seringnya lebih mudah kotor. Kucing kadang tidak bisa membersihkan bulunya sendiri dengan self grooming. Mau tidak mau kamu harus memandikannya lebih sering agar bersih, terawat dan tidak penyakitan. Sangat rawan, jika kucing berpenyakitan diuyel-uyel oleh anakmu. Jadi, memandikan sebulan 2x itu adalah pilihan yang tepat.
  • Kucing yang sedang menjalani perawatan medis, boleh mandi seminggu sekali. Misalnya, dokter hewan memberikan resep shampoo untuk pengobatan jamur, kutu atau ring worm, yang harus dipakai seminggu sekali. Hal ini diperbolehkan, karena berada dalam pengawasan dokter.

Berdasarkan data di atas, kebutuhan mandi kucing itu sesuai aktivitas dan tingkat kebersihan tubuh kucing. Artinya, kamu boleh mengatur jadwal mandi kucingmu sendiri.

  1. Kucing yang sedang menjalani pengobatan khusus, boleh mandi seminggu sekali.
  2. Kucing yang hidup lebih banyak di luar rumah dari pada di rumah, boleh mandi 2 minggu sekali.
  3. Kucing yang hidup di ruangan AC dan tidak pernah keluar, boleh mandi 4 minggu sekali.
  4. Kucing yang sangat kotor, misalnya jatuh ke kubangan lumpur, atau kena oli, boleh kamu mandikan beberapa kali sehari. Karena beberapa jenis kotoran tertentu tidak bisa bersih dalam sekali mandi.

Sampai di sini paham ya? Yuk, lanjut.

Kapan waktu yang tepat untuk memandikan kucing?

Menurut kami, waktu yang tepat memandikan kucing adalah saat pagi hari ketika matahari sudah naik lumayan tinggi. Waktu terbaik untuk memandikan kucing adalah jam 08.30-10.30. Karena pada waktu tersebut suhu udara di lingkungan mulai hangat. Dan kamu dapat menjemur kucing di luar ruangan untuk mempercepat pengeringan bulu dengan bantuan cahaya matahari.

Bagaimana kalau saya terlalu sibuk pada jam-jam tersebut? Kalau kamu sibuk, kamu bisa memakai jasa memandikan kucing di petshop. Biarkan petshop melakukan tugas untuk grooming kucing kesayanganmu. Biaya memandikan kucing biasanya berkisar antara Rp30.000-100.000. Besar biaya tergantung perawatan tambahan yang kamu inginkan. 

Wah, lumayan mahal ya. Adakah solusi lain yang lebih hemat tapi waktu memandikan kucingnya fleksibel? Tentu, ada. Tapi, kamu perlu membeli peralatan pengering kucing, seperti hair dryer atau blower. Dan pastikan kondisi ruangan untuk pengeringan kucing hangat. 

Alat pengering dan ruangan yang hangat sangat penting adanya. Jika kamu tidak bisa memandikan pada pagi hari, kamu perlu pengering buatan agar kucing cepat kering. Karena kalau kucing terlalu lama kedinginan, kucing dapat sakit. Nggak mau kan, abis mandi malah meriang atau masuk angin?

Bolehkah memandikan kucing malam hari?

Sebaiknya jangan memandikan kucing di malam hari. Karena proses pengeringan bulu kucing lama, suhu udara dingin dan kucing akan merasa kedinginan. Kecuali, kamu tinggal di apartemen mewah yang punya ruangan hangat dan hair dryer. Kamu bisa memandikan kucing kapan saja. Karena setelah mandi, bulu kucing bisa langsung kamu keringkan. Dan kamu dapat mengatur suhu ruangan dalam kondisi hangat, untuk mencegah kucing kedinginan pasca mandi.

3 Tips Perawatan Kucing setelah Mandi

Setelah kamu memandikan kucing dengan shampoo kucing terbaik, kamu perlu melakukan perawatan pasca mandi. Perawatan ini bertujuan untuk mempercantik bulu kucing dan mencegah serangan kutu kucing di masa mendatang. Berikut 3 tips singkat cara merawat kucing setelah dimandikan yang bisa langsung kamu praktikan.

  • Pertama, aplikasikan obat anti kutu. Biarpun bulu kucing sudah kamu bersihkan dengan shampoo anti kutu, tapi serangan kutu kucing di masa mendatang tetaplah ada. Maka dari itu, kamu perlu memberikan perlindungan ekstra dengan obat anti kutu, seperti: Detick, Revolution, Frontline Cat. Obat kutu akan memberikan perlindungan terhadap kutu selama 3 bulan ke depan.
  • Kedua, sisir bulu kucing setelah kering sempurna. Menyisir bulu adalah bagian wajib saat melakukan grooming pada kucing. Selain untuk merapikan bulu kucing, menyisir bulu kucing juga berfungsi untuk menemukan bulu yang menggumpal atau terbelit. Bulu yang terbelit sangat menyiksa kucing, lho. Terlebih kucing bulu panjang, bikin sakit. Hehe. Dengan menyisir bulu kucing setelah mandi, kamu dapat menemukan bulu yang terbelit, lalu, mengurai atau memotongnya.
  • Ketiga, berikan vitamin untuk bulu agar bagus. Setelah mandi, bulu kucing akan kehilangan banyak lapisan minyak. Bulu terlihat kering dan khusus. Bagi kucing ras yang gemar ikut kontes, hal ini merugikan. Biasanya pemilik kucing ras memberikan vitamin untuk bulu kucing agar bulu kucing tetap sehat, indah dan berkilau.

Setelah semua proses perawatan kucing selesai, kamu sebaiknya memberaikan reward berupa snack kucing. Tujuannya adalah untuk menanamkan kesan positif pada perlakuan perawatan kucing. Sampai akhirnya, kucing paham bahwa mandi itu aman dan menyenangkan karena dapat snack enak. Dengan begitu, di masa mendatang saat kamu akan memandikan kucing, kucing tidak akan berontak dan nurut sama kamu.

Akhir kata, itulah pembahasan dari topik “Berapa kali kucing mandi dalam Sebulan?”. Kami harap sudah cukup jelas ya. Kalau ada pertanyaan, tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ini.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.