oleh

Berhenti Ketergantungan dari Instagram, Ini 3 Caranya

PortalMadura.Com – Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat modern tampaknya mulai ketergantungan dengan media sosial. Bagaimana tidak, banyak orang yang tidak bisa lepas dari telepon gengamnya meski hanya sebentar saja.

Tidak heran, jika semakin hari penggunanya kian melesat banyak. Bahkan, tidak hanya digunakan oleh kalangan yang berkepentingan saja, melainkan juga seorang anak-anak yang aktivitasnya sekadar berselanjar di jejaring sosial.

Menurut laporan We Are Social pengguna media sosial di seluruh dunia jumlahnya mencapai 3,8 miliar orang. Meskipun demikian, saking seringnya membuka media sosial tentu akan ada efek negatif yang ditimbulkan.

Misalnya, sering membuka Instagram akan menimbulkan ketergantungan. Tidak sedikit juga beberapa orang yang mulai membandingkan hidupnya dengan orang lain melalui Instagram. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi persoalan itu?.

Dilansir PortalMadura.Com, Senin (24/2/2020) dari laman Okezone.com, berikut akan direkomendasikan beberapa cara untuk mengurangi ketergantungan dengan Instagram atau ‘diet’ Instagram:

Batasi Penggunaan

Pertama-tama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi penggunaan Instagram. Caranya, bisa dengan membatasi data menggunakan fitur hemat data di ponsel Anda.

iklan hari santri

Baca Juga : Cara Lihat Akun Instagram yang Jarang Interaksi dengan Anda

Apabila Anda tidak membatasi dan membiarkan kebiasaan Anda, kemungkinan akan tetap ketergantungan. Selain itu, Anda juga bisa memulai menggunakan Instagram pada saat WiFi terhubung saja.

Log Out Instagram

Biasanya Anda membuat Instagram terus terhubung, sehingga saat mendapatkan notifikasi Anda akan terus menerus membukanya. Anda akan mencari foto-foto di explore dan scroll status teman.

Jadi untuk mencegahnya, cobalah melakukan log out setelah Anda membuka Instagram. Bukalah kembali ketika ada yang Anda butuhkan, atau balik pada poin pertama ketika ada WiFi.

Uninstall Instagram

Langah terakhir ini mungkin yang paling ampuh untuk menghilangkan kecanduan Instagram. Anda bisa mencobanya dalam jangka waktu tertentu, misalnya untuk permulaan Anda perlu meng-uninstall Instagram senin-jumat dan membukanya pada akhir pekan.

Selanjutnya, Anda bisa meningkatkan jangka waktu tersebut, misalnya dua minggu hingga satu bulan. Dengan demikian, Anda akan mulai terbiasa tidak ketergantungan lagi dengan Instagram. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.