Berhubungan Seks, Penderita HIV/AIDS di Pamekasan Capai 71 Orang

Avatar of PortalMadura.com
Berhubungan Seks, Penderita HIV/AIDS di Pamekasan Capai 71 Orang
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus Infection and Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/ AIDS) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tahun 2017 mencapai 71 orang. Jumlah tersebut berdasarkan data yang ada di Puskesmas dan RSUD dr. Slamet Martodirdjo.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pamekasan, Ismail Bey menyampaikan, pihaknya belum bisa memastikan apakah jumlah tersebut merupakan pasien asal Kabupaten Pamekasan semua atau tidak, mengingat terdapat pasien dari luar daerah berobat ke bumi Gerbang Salam.

“Dari 71 penderita itu, dua di antaranya merupakan anak di bawah usia lima tahun. Hal ini harus segera diobati,” ungkapnya, Sabtu (2/12/2017).

HIV/AIDS merupakan penyakit menular, penularan penyakit tersebut biasanya melalui hubungan seksual dengan gonta-ganti pasangan. Sehingga, masyarakat terkadang malu mengobati penyakit ini lantaran dianggap aib. Padahal, jika tidak segera dicegah akan menular pada orang terdekatnya.

“Kami kesulitan mendeteksi penyakit ini karena dianggap aib, kalau terjangkit langsung disembunyikan. Bahkan ada yang rela tidak mengobatinya lantaran penyakitnya takut terbongkar,” tandasnya.

Ismail mengaku, pihaknya kerap melakukan sosialisaai kepada masyarakat terkait penyakit tersebut agar masyarakat bisa terbuka, tidak lagi menyembunyikan penyakit tersebut. Sehingga bisa dilakukan pencegahan penularannya. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.