Bersama LLDIKTI, Unija Gelar Pelatihan Pekerti

Avatar of PortalMadura.com
Bersama LLDIKTI, Unija Gelar Pelatihan Pekerti
Pelatihan Pekerti di Unija Sumenep (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

PortalMadura.Com, – Universitas Wiraraja (Unija) bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah VII Jawa Timur menggelar Pelatihan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) bagi para dosen tetap maupun kontrak, Senin (8/4/2019).

Acara yang diselenggarakan di Gedung Graha Unija itu, diikuti 42 peserta. Selain dosen Unija, mereka ada yang dari kampus luar daerah. Di antaranya, STKIP PGRI Sumenep, STKIP PGRI Sampang dan Universitas Ronggolawe.

Rektor Unija, Sumenep, Dr. Sjaifurrachman, S.H., C.N., M.H menjelaskan, tujuan diadakannya pelatihan itu guna mengembangkan kompetensi dosen yang lebih baik, sehingga diharapkan para dosen mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti hasil evaluasi pembelajaran.

Menurutnya, untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi, maka perlu meningkatkan kualitas sumber daya dosen. Dan seorang dosen baru sah dikatakan dosen yang sebenarnya apabila mereka telah memiliki lisensi. Salah satunya dengan memiliki sertifikat .

“Dengan adanya pelatihan seperti ini, diharapkan dosen mampu memahami pengembangan kurikulum perguruan tinggi, membuat perencanaan (silabus, SAP, dan RPP), melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan,” katanya.

Ia juga berharap dengan pelatihan tersebut para dosen dapat meningkatkan keterampilan dasar instruksional, sehingga dapat menjadi dosen yang berkualitas.

Pelatihan Pekerti ini merupakan yang kedua kali diadakan Unija, yakni pada tahun 2016. Kini, di tempat yang sama pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari, yakni dari tanggal 8-12 April 2019 dengan tiga pemateri dari LLDIKTI Wilayah VII yakni Prof.Dr. Ismanto Hadi S. MS, Dr.H. Sueb Hadi Saputro., M.Pd, Dr. Andri Pitoyo., M.Pd, Prof. Dr. Achmadi Susilo, MS.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.