Bersihkan Gulma Tanaman Padi, TNI Turun ke Sawah

Avatar of PortalMadura.Com
Bersihkan Gulma Tanaman Padi, TNI Turun ke Sawah
Lahan Pertanian Padi di Bangkalan

PortalMadura.Com, – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Kwanyar jajaran Kodim 0829/Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Serka M. Mawi dan Kopda Sapto Widodo, turun ke sawah.

TNI ini membantu petani membersihkan gulma (hama tanaman) rumput di lahan petani Desa Pasanggrahan Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, seluas 2 hektare, Selasa (2/2/2016).

Danramil 05/Kwanyar, Bangkalan Kapten Inf Mediono Darmadi, menjelaskan, gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah.

“Persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen,” terangnya.

Menurutnya, adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, maka dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya akan berdampak tidak bagus pada pertumbuhan padi.

Selain itu, ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga bila dibiarkan dan tanpa dikendalikan, maka kerugian akan melanda petani.

“Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida,” pungkasnya.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.