BI Kemungkinan Naikkan Suku Bunga Acuan Besok

Avatar of PortalMadura.Com
BI Kemungkinan Naikkan Suku Bunga Acuan Besok
Ilustrasi - Kantor Bank Indonesia di Jakarta. (Iqbal Musyaffa - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, Jakarta – Bank Indonesia melakukan Rapat Dewan Gubernur (RDG), Selasa, yang hasilnya akan disampaikan besok.

Kepala Riset MNC Sekuritas memprediksi bank sentral akan menaikkan .

Dia mengatakan nilai tukar rupiah yang melemah ke level Rp14.600 menjadi pintu masuk Bank Indonesia untuk menaikkan 7 Days Reverse Repo Rate menjadi 5,5 persen.

“Kemungkinan akan ada kenaikan suku bunga acuan karena yield obligasi Indonesia 10 tahun sudah tembus 8 persen,” jelas Edwin. dilaporkan Anadolu Agency, Selasa (14/8/2018).

Menurut dia, kenaikan suku bunga akan membantu menekan defisit transaksi berjalan yang saat ini sudah tembus ke level 3 persen dari PDB.

Jika kebijakan tersebut diambil oleh maka, dia memprediksi nilai tukar rupiah akan menguat ke level Rp14.400 per dolar AS.

Analis Global Market Bank Mega James Evan Tumbuan mengatakan BI masih menimbang opsi untuk menaikkan suku bunga acuan agar rupiah stabil.

Tetapi, dia menilai jika BI menaikkan suku bunga acuan, justru akan berdampak kurang baik ke pasar obligasi.

“Dengan begitu, otomatis imbal hasil akan naik,” lanjut dia.

Evan menambahkan, BI sebenarnya masih bisa menunggu hingga akhir tahun apabila ingin kembali menaikkan suku bunga acuan.

Karena, kata dia, bank sentral AS (The Fed) masih berpotensi menaikkan suku bunga sebanyak dua kali lagi pada September dan Desember mendatang.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.