PortalMadura.com

Biasakan Si Kecil untuk Tidur Sendiri dengan Cara Berikut Ini!

  • Senin, 10 Oktober 2016 | 07:00
Biasakan Si Kecil untuk Tidur Sendiri dengan Cara Berikut Ini!
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Membiasakan anak tidur terpisah dari orang tua sebenarnya dapat dimulai sejak anak berusia dua tahun karena pada usia ini ego anak mulai berkembang. Mereka mulai punya rasa memiliki dan bisa diajarkan tentang ruang pribadi.

Membiasakan anak tidur terpisah dari orang tua juga mendatangkan banyak manfaat seperti melatih kemandirian, keberanian, menumbuhkan kepercayaan diri, serta mengembangkan privasi anak yang nantinya membuat si kecil belajar menghargai privasi orang lain.

Mungkin sebagian anak akan merasa tidak nyaman saat mulai diajarkan tidur sendiri terutama bagi yang sebelumnya tidur bersama orang tua dalam jangka waktu lama, mereka akan sangat tergantung pada kehadiran orang tuanya. Inilah beberapa cara yang dapat membantu anda membiasakan anak-anak tidur sendiri.

Beri kamar sendiri

Pemecahannya? Sediakan kamar tidur sendiri bagi anak Anda. Hiaslah dengan bintang-bintang yang menyala bila gelap sehingga dia tidak takut tidur sendirian. Atau berilah lampu tidur kecil yang sekarang banyak dijual di toko dengan berbagai bentuk yang lucu-lucu. Pasanglah poster mickey atau minnie mouse atau gambar apa saja yang dia suka. Sebelum tidur dampingilah dia dan ceritakan dongeng-dongeng menarik atau bacakan buku anak-anak supaya dia cepat tertidur. Sediakan boneka beruang kecil yang lucu atau boneka lain yang disayanginya sehingga dia tidak merasa sendirian.

Baca Juga:  Inilah Sikap Orang Tua Yang Dapat Tumbuhkan Bakat Si Kecil

Hadiah

Berilah hadiah stiker, crayon atau barang-barang kecil lainnya di bawah bantal jika si anak mau tidur di kamarnya sendiri. Karanglah cerita tentang peri kecil yang memberi hadiah kepada anak-anak yang mau tidur sendiri di kamarnya. Juga berilah pujian seperti, “Nani sekarang udah besar ya, mau tidur di kamarnya sendiri.” Anak-anak balita sangat senang diberi pujian seperti itu dan akan berusaha menyenangkan orangtuanya dengan melakukan apa yang mereka minta.

Didiklah secara perlahan-lahan

Jika anak-anak tetap menyelinap ke kamar orangtua untuk tidur bersama, temanilah dia tidur di kamarnya. Tetapi jangan tidur di ranjangnya, ambillah kasur kecil atau selimut untuk alas tidur di bawah. Selama semalaman tidurlah bersamanya, sehingga bila dia terjaga dia akan melihat ada ayah atau ibu yang menemaninya. Setelah beberapa hari, ketika dia sudah terbiasa tidur di kamarnya sendiri, pindahlah kembali tidur di kamar Anda. Dengan membiasakan dia tidur sendiri akan membuat dia lebih mandiri dan tidak penakut.

Cinta yang tegas

Mendidik anak kadang-kadang memerlukan cinta yang tegas. Maksudnya Anda tidak mudah menyerah hanya karena mendengar anak menangis. Jika tidak dapat membiarkan anak menangis maka Anda gagal menerapkan pendidikan yang ingin Anda terapkan. Tangisan merupakan senjata anak untuk meluluhkan hati orangtua. Namun jika tujuan Anda benar, biarkan anak itu menangis demi kebaikannya sendiri.

Baca Juga:  Moms Perlu Tahu, Ini 5 Fase Perubahan Anak Cowok di Masa Puber

Menjaga kemesraan pasutri

Selain mendidik dan membesarkan anak, penting untuk menjaga kemesraan antara suami istri. Karena itu membiasakan anak tidur sendiri bukan berarti orangtua egois. Orangtua juga perlu menikmati waktu untuk dirinya sendiri sehingga tidak merasa kecapaian karena mengurus anak seharian. Mereka dapat tidur nyenyak tanpa diganggu si anak yang jika tidur bersama mungkin kakinya suka menendang-nendang. Kurang tidur, capai dengan urusan rumah tangga dapat membuat seorang ibu stres dan akibatnya sering marah-marah tanpa sebab.

Membiasakan anak tidur terpisah dari orang tua lebih baik dilakukan sejak dini, selain akan lebih mudah, anak juga menjadi lebih cepat terbentuk karakternya. Tak perlu menunda kebiasaan baik ini karena tentu kita tak ingin menunda untuk melihat mereka segera menjadi pribadi yang mandiri, berani, dan percaya diri. (keluarga.com/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional