oleh

Bicara pada Diri Sendiri Ternyata Punya Manfaat Menurut Penelitian

PortalMadura.Com – Berbicara pada diri sendiri tentu hampir setiap orang pernah melakukannya, baik itu bicara di dalam hati maupun secara langsung. Hal itu semua memang sangat wajar dilakukan atau manusiawi.

Apalagi, bicara sendiri merupakan bentuk dialog internal yang terjadi dalam pikiran. Bahkan, ada sebagian orang yang kadang bisa memverbalkan pikiran tersebut. Namun, terkadang akan terkesan aneh jika seseorang berbicara sendiri di tengah keramaian. Tidak jarang pula, kegiatan bicara pada diri sendiri ini dianggap gila untuk sebagian orang.

Faktanya, bicara sendiri ternyata memiliki banyak manfaat untuk diri Anda sendiri. Secara psikologis bicara sendiri juga sangat bermanfaat. Selain itu menurut sebuah penelitian, kebiasaan bicara sendiri merupakan indikasi orang tersebut memiliki IQ di atas rata-rata dan dianggap cerdas. Menariknya lagi, orang-orang normal yang suka bicara dengan diri sendiri cenderung memiliki kecerdasan otak yang luar biasa.

Seorang psikolog, Daniel Swigley dari Quarterly Journal of Experimental Psychology mengungkapkan, ada dampak positif pada otak seseorang yang suka bicara pada diri sendiri, seperti dilansir Liputan6.com yang mengutip dari Elit Daily.

Seorang psikoterapis, Lisa Ferentz, juga mengatakan bahwa seseorang yang mengungkapkan pemikirannya di dalam batin dengan suara keras sebenarnya dapat membantu mengontrol pikiran, bahkan sudut pandang mereka menjadi orang yang lebih kritis.

Baca Juga: Langkah Mudah Tebalkan Kata Atau Kalimat di WhatsApp

Loading...

Lisa justru menganjurkan berbicara pada diri sendiri dengan suara keras merupakan sesuatu yang harus semua orang mulai lakukan. “Saya paling sering menggunakan cara ini untuk membantu klien mengembangkan pandangan positif tentang diri mereka sekarang dan hari yang akan datang. Tidak ada yang lebih penting dari pada cara kita berbicara kepada diri sendiri karena monolog batin menginformasikan dengan cara yang halus mengenai semua pikiran, keadaan emosi, dan pilihan perilaku kita selanjutnya,” jelas Lisa.

Selain itu, lanjut Lisa, ketika seseorang berbicara positif pada diri sendiri dengan suara keras, maka hal itu akan memberi lebih banyak kekuatan dan keberanian sehingga dapat menghadapi hal yang menantang. Contoh nyata, orang-orang yang sering melakukan self-talk positif adalah para atlet, saat menjelang atau selama menjalani kompetisi.

Hal itu mereka lakukan untuk memberikan kekuatan dan keberanian pada diri sendiri. Untuk itu, jika memang dilakukan dalam porsi yang wajar dan tidak dilakukan dengan suara super keras seperti orang yang memiliki gangguan kejiwaan, ternyata tidak ada salahnya jika Anda suka berbicara pada diri sendiri dengan suara keras.

Bahkan, sebuah studi dari University of Lethbridge menemukan, bahwa siswa yang diajari cara terlibat dalam self-talk positif mampu mengubah perspektif, sikap, dan reaksi mereka menjadi lebih positif. Hal itu membuktikan bahwa bicara pada diri sendiri adalah salah satu tanda Anda sebenarnya lebih pintar dari pada yang Anda sadari.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar