Bikin Baterai HP Bocor, Hindari 4 Kesalahan Ini

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
Bikin Baterai HP Bocor, Hindari 4 Kesalahan Ini
Ilustrasi (Popmama.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Salah satu masalah yang sering dialami pengguna handphone yaitu baterai bocor. Terkadang hal ini disebabkan oleh pengguna yang kurang menyadari kebiasaan yang dilakukan. Seperti ngecas handphone tapi masih menggunakannya.

Oleh karena itu, jangan lakukan beberapa kesalahan ini agar baterai HP tidak bocor. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini penjelasannya:

Ngecas Kurang Bijak

Salah satu kesalahan yang harus dihindari agar baterai tetap awet adalah menggunakan HP sambil ngecas, karena itu akan membuat perangkat panas. Jika dilakukan terus-menerus, baterai ponsel akan berumur pendek dan cepat bocor.

Selain itu, berbagai studi menunjukkan bahwa mengisi baterai smartphone hingga 100% merupakan kebiasaan yang kurang tepat. Untuk memperpanjang usia baterai, ada baiknya mengecas ketika baterai perangkat sudah menyentuh angka 30% dan berhenti mengecas di kisaran 80%-85%.

Ini cara mudah untuk mengaktifkan fitur protect battery:
1. Buka Settings
2. Pilih Battery and device care
3. Pilih Battery
4. Pilih More battery settings
5. Aktifkan toggle di samping fitur protect battery

Instal Aplikasi Sembarangan

Ada baiknya Anda selalu berhati-hati saat ingin instal aplikasi. Sebab aplikasi yang kita download dapat memengaruhi kinerja HP.

Baca Juga:  30 Bingkai Twibbon Idul Adha 2022, untuk Sosial Media

Hindari mengunduh aplikasi selain dari platform yang resmi seperti Google Play Store karena dapat menyerang sistem operasi yang membuat HP jadi lemot bahkan melakukan ping lokasi terus menerus yang bisa membuat baterai cepat habis.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari aplikasi penghapus memori atau penghemat baterai dari pihak ketiga karena banyak dari aplikasi jenis tersebut yang justru memakan banyak memori dan mengganggu fungsi HP.

Tidak Memerhatikan Penggunaan Aplikasi

Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan merupakan hal berikutnya yang bisa bikin baterai HP jadi cepat terkuras. Ada baiknya Anda rajin-rajin menutup aplikasi yang ada di task manager untuk meringankan kinerja HP dan menghemat daya perangkat.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek aplikasi apa saja yang sebenarnya diam-diam sedang berjalan tanpa kelihatan di tampilan HP.

Untuk menonaktifkan aplikasi apa saja yang Anda jarang pakai untuk menghemat penggunaan baterai, Anda bisa ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

1. Buka Settings
2. Pilih Battery and device care
3. Pilih Battery
4. Pilih Background usage limits

Aktifkan toggle di samping fitur Put unused to sleep. Anda juga bisa masuk ke menu Sleeping apps atau Deep sleeping apps untuk pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan ketika tidak dibuka

Baca Juga:  30 Aplikasi Twibbon Idul Adha 2022, Tinggal Pakai

Tidak Pakai Dark Mode

Dark mode jadi salah satu fitur HP yang populer karena mengurangi silau dari layar yang memberi kenyamanan lebih bagi mata. Menariknya, fungsi dark mode juga bisa Anda maksimalkan untuk menghemat baterai, khususnya pada HP dengan layar AMOLED.

Pasalnya, saat menampilkan warna hitam, maka layar AMOLED akan mematikan pikselnya yang membuat konsumsi daya dari layar berkurang. Ini cara mengaktifkan fitur dark mode:

1. Buka Settings
2. Pilih Display
3. Di bagian menu paling atas, pilih Dark

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.