IPTEK  

Bila Banjir, Aplikasi Ini Wajib Ada di Smartphone Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Bila Banjir, Aplikasi Ini Wajib Ada di Smartphone Anda
shutterstock

PortalMadura.Com – Bila terjadi hujan deras yang mengakibatkan tentu semua aktivitas Anda akan terganggu. Jalanan macet, rumah tergenang air, sambungan listrik padam, dan ada banyak masalah klasik lain yang dialami saat banjir datang.

Dalam kondisi ini, sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa membantu anda, atau paling tidak sedikit meringankan kesulitan saat banjir. Apalagi, dewasa ini, jumlah pengguna smartphone semakin banyak, dan aplikasi semacam itu bisa didapatkan dengan mudah, hanya cukup mengunduhnya dari Google Play atau App Store.

Waze

Waze dapat membantu saat banjir terjadi. Berkat fitur “Reporting” yang ada pada aplikasi ini, pengguna bisa mendapat informasi penting dari pengguna Waze lain seperti lokasi genangan air, antrian kendaraan, kecelakaan, maupun pom bensin terdekat. Belum lagi fitur GPS-nya yang bisa menunjukkan alternatif rute jika terjadi kemacetan. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play, App Store, dan App World Blackberry.

Telepon Darurat

Aplikasi ini berisi kumpulan nomor telepon penting yang sangat berguna dalam keadaan darurat, baik jika Anda sedang di jalan maupun jika sedang terjebak dalam banjir. Beberapa nomor telepon yang ada di dalam aplikasi ini antara lain nomor darurat polisi, ambulans, pemadam kebakaran, restoran cepat saji, dan banyak lainnya. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play untuk para pengguna smartphone Android.

Siaga Banjir

Aplikasi yang satu ini bisa berguna untuk memantau ketinggian sejumlah pintu air yang ada di Kota Jakarta. Saat musim hujan tiba, ketinggian pada masing-masing pintu air akan mengalami perubahan yang tak menentu dan bisa menjadi bahaya seiring dengan cuaca yang semakin buruk. Ada 12 pintu air yang dipantau secara real time oleh aplikasi ini (pintu air Katulampa, Pesanggrahan, Angke Hulu, Cipinang Hulu, Angker Hulu, Depok, Manggarai, Karet, Waduk Pluit, Pasar Ikan, Pulo Gadung, dan Krukut Hulu. Pengguna akan mendapat notifikasi jika ada potensi banjir di wilayah tertentu.

Twitter/facebook

Twitter jadi aplikasi media sosial yang sangat penting saat banjir terjadi. Pengguna dapat mem-follow sejumlah akun resmi Twitter instansi yang memberikan informasi terkini soal banjir. Beberapa akun yang bisa di-follow antara lain: akun TMC Polda Metro Jaya, BPBD Jakarta, Radio Elshinta, InfoLaluLintas.com, dan banyak lainnya.

Sejumlah pengguna facebook juga sering mengunggah situasi banjir yang terjadi di daerahnya sendiri. Ini juga cukup membantu mendapatkan informasi seputar banjir.

Super-Bright LED

Mati lampu saat banjir tentu akan sangat menyulitkan aktivitas Anda. Apalagi, jika tak ada kejelasan kapan aliran listrik akan kembali normal. Solusinya, Anda bisa memakai lilin, senter, ataupun alat penerangan bantuan lainnya. Namun, bagaimana jadinya jika semua alat itu tidak ada? Tidak perlu khawatir, karena smartphone Anda, khususnya yang memiliki fasilitas lampu LED flash kamera, bisa jadi senter sementara. Cukup unduh aplikasi senter Super Bright LED atau aplikasi serupa lainnya dan lampu LED smartphone Anda bisa difungsikan sebagai senter.

WhatsApp dan BBM

Fitur telepon dalam smartphone Anda sangat penting di kala banjir. Anda bisa memakainya untuk menelepon kerabat atau instansi yang bisa membantu saat pertolongan dibutuhkan. Tak punya pulsa telepon, dan hanya ada paket data saja? Tidak perlu khawatir, karena aplikasi WhatsApp dan BlackBerry Messenger (BBM) bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas komunikasi alternatif.

BCA Mobile/ Mandiri Mobile/ BRI Mobile

Kehabisan pulsa saat terjebak banjir? Atau ada transaksi bisnis mendesak yang harus dilakukan di kala banjir? Aplikasi transaksi perbankan bisa jadi andalan, ketimbang Anda harus repot-repot menembus banjir untuk pergi ke bank atau ATM. Aplikasi ini tersedia di hampir seluruh jenis smartphone seperti BlackBerry, Android, maupun iPhone.(suara)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.