oleh

Bingung Atasi Baby yang Tumbuh Gigi? Ini Solusinya

PortalMadura.Com – Bagi bunda yang memiliki baby atau bayi di rumah, pasti pernah mengalami yang namanya si kecil rewel tanpa diketahui penyebabnya. Sikapnya yang mulai berubah seperti, sering menangis, mengeluarkan air liur, bayi sering menggigit dan demam ini, adalah salah satu tanda bahwa buah hati Anda akan tumbuh gigi.

Setiap bayi akan mengalami masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, awal mula si kecil tumbuh gigi biasanya saat usia antara 4 sampai 6 bulan atau bahkan bisa lebih dari itu. Di saat pertumbuhan ini, tentunya akan membuat orang tua bingung karena tidak tahu harus melakukan sesuatu.

Nah, bagi Anda yang kebingungan untuk mengurusnya, ada tiga solusi ampuh untuk si kecil yang sedang tumbuh gigi, yuk simak berikut ini:

Berikan “Sanmol”
Sanmol atau paracetamol adalah obat penurun panas tetapi juga bisa meredakan nyeri. Anda pasti sudah tahu, kalau si kecil tumbuh gigi biasanya akan demam. Nah, sanmol ini bisa meredakan demam dan nyeri saat tumbuh gigi. Saat malam sebelum tidur usahakan berikan sanmol agar si kecil bisa istirahat. Tapi jangan lupa baca aturan pakai pada kemasannya ya. Karena penggunaan untuk orang dewasa dan anak kecil itu berbeda.

Berikan Es
Es bisa membantu menahan rasa nyeri pada gusi si kecil. Tapi pasti susah ya buat si kecil untuk ‘ngemut’ es. Nah bunda bisa praktikkan ini, caranya, sediakan gelas, air, madu dan es batu. Siapkan madu secukupnya pada gelas dan berikan es lalu tambahkan air lalu aduk hingga rata. Madu bisa menurunkan demam si kecil juga lho, dan es madu bisa membantu si kecil untuk melupakan rasa nyeri pada gusi. Intinya, siasati bagaimana cara bayi Anda bisa melupakan rasa nyilu yang membuatnya sakit.

Makan Puding
Nah yang ini pasti si kecil suka apalagi rasa buah yang manis dan segar. Tidak perlu repot untuk membeli ke supermarket semua bisa di buat sendiri di rumah.

Caranya, masak agar-agar dan jangan lupa tambahkan tepung maizena supaya agar-agar menjadi lembut. Setelah selesai, masukkan ke lemari pendingin ya agar ketika bayi memakannya bisa lebih nikmat sehingga melupakan rasa sakitnya. Perlu diketahui, agar-agar kaya akan nutrisi dan vitamin. Ketika tumbuh gigi, si kecil pasti susah makan dan puding bisa mengenyangkan perut si kecil. Selain itu puding juga bisa membantu meredakan nyeri pada gusi.

Semoga tips ini bisa membantu mengatasi masalah pada saat si kecil tumbuh gigi ya moms. Selamat mencoba. (ummi-online.com/Putri)



Komentar