BMKG: Indonesia Alami Puncak Musim Hujan 16-22 Januari 2019

Avatar of PortalMadura.com
BMKG Indonesia alami puncak musim hujan 16-22 Januari 2019
Ilustrasi. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika () memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami puncak musim hujan disertai kilat dan angin kencang sepanjang 16-22 Januari 2019.

“Ada massa udara dingin dari Asia dan menjalar masuk menuju Selat Karimata, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo, Kamis, dalam keterangannya.

Mulyono mengatakan BMKG juga mengidentifikasi adanya massa udara basah dari Samudera Hindia yang memasuki perairan barat Bengkulu, Selat Sunda, Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu, lanjut Mulyono, ada pusat tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa dan beberapa sirkulasi angin yang dapat membentuk pola pertemuan angin yang memanjang dari perairan barat Sumatera, Jawa, hingga Laut Banda

Terutama, lanjut Mulyono, wilayah barat dari Riau hingga ke selatan Sumatra, Pulau Jawa, Bali, hingga NTT, kemudian Kalimantan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, hingga Papua. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (17/1/2019).

BMKG juga mengingatkan adanya potensi gelombang laut tinggi 2,5-4 meter di perairan sebelah barat Kepulauan Mentawai hingga ke Selat Sunda bagian selatan, kemudian selatan Pulau Jawa hingga NTB, dan perairan Anambas hingga Biak.

BMKG merekomendasikan agar Masyarakat berhati-hati terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan pohon tumbang. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.