oleh

Bodi Mobil Kena Getah Pohon? Begini Cara Hilangkannya

PortalMadura.Com – Memarkir kendaraan seperti mobil di bawah pohon memang melindunginya dari sengatan sinar matahari sehingga membuat mobil tidak kepanasan. Tapi sayangnya, hal ini sangat rawan terkena getah pohon.

Pasalnya, getah pohon yang menetes itu akan menempel dan mengotori bodi luar kendaraan. Mungkin tampaknya sepele, tapi apabila dibiarkan terlalu lama, getah itu akan susah dibersihkannya.
Tidak semudah pakai tisu atau kain kering.

Tentrunya ada trik tersendiri untuk menghilangkan getah di mobil ini.
Dilansir Liputan6.Com yang dikutip dari Auto2000, yaitu menghilangkan getah dengan air panas. Sesaat setelah Anda mengetahui ada getah di mobil, segera bersihkan agar mempermudah proses pengelupasannya.

Pertama, semprot kendaraan pakai air bersih ke seluruh bodi luarnya. Ke dua, siapkan air panas yang dicampur dengan sabun. Ambil lap microfiber dan celupkan ke cairan ini.

Ke tiga, gosoklah permukaan mobil dengan lap microfiber yang sudah dicelupkan ke cairan sabun dengan air panas. Gosok perlahan sampai getah hilang dari bodi mobil.

Keempat, bilas permukaan bodi kendaraan berulang kali sampai tidak ada sabun atau noda tersisa. Kelima, keringkan dengan kain lembut dan lapisi permukaan mobil dengan pemoles (wax).

Gunakan Pembersih Khusus

Kalau cara menghilangkan getah di mobil yang pertama tidak berhasil, cobalah trik ke dua berikut ini. Langkah pertama, cucilah mobil dengan sabun dan air panas.

Pastikan debu dan kotoran sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kedua, belilah pembersih getah pohon komersial dan baca petunjuk cara penggunaan. Ke tiga, tuangkan sedikit cairan pembersih ke atas lap bersih, kemudian tutupkan ke atas bodi mobil yang terkena getah.

Sambil menutup, tekan perlahan lap selama kurang lebih satu menit. Cara ini dilakukan agar pembersih meresap ke dalam getah dan melepasnya dari permukaan mobil.

Ke empat, gosoklah bagian yang kena getah dengan gerakan memutar untuk menghapusnya. Terakhir, cuci dan poleslah mobil seperti cara pada poin sebelumnya. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggungakan epoxy cat pada mobil.

Gunakan Bahan-Bahan yang Ada di Rumah

Cara menghilangkan getah di mobil yang terakhir adalah dengan menggunakan peralatan yang sudah tersedia di rumah. Ada beberapa produk yang bisa digunakan, antara lain semprotan cairan penetran atau cairan pembersih tangan.

Langkah pertama, cuci mobil dengan sabun dan air panas. Kedua, gunakan produk yang disebutkan tadi untuk menghilangkan getah. Coba dahulu menggunakan cairan pembersih tangan yang beralkohol. Getah bisa dihilangkan dengan mengelapnya secara perlahan.

Jika tidak mempan, coba bahan lain, yaitu cairan penetran. Semprotkan bahan ini pada bagian yang terkena getah. Biarkan selama beberapa menit sampai cairan diserap oleh getah, kemudian gosok dengan lap bersih.

Kalau belum bisa juga, gosoklah getah dengan cairan pembersih tangan. Teteskan cairan pada noda dan diamkan beberapa menit. Gosok dengan kain untuk menghilangkannya.

Hal yang harus diperhatikan ketika mencoba cara menghilangkan getah di mobil adalah berhati-hati dengan segala cairan yang digunakan. Sebab, jika terlalu banyak menggunakannya, bisa-bisa malah merusak cat bodi mobil alih-alih getah yang menempel. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.com

Komentar