Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Buah-buahan! Cek Disini

Avatar of PortalMadura.com
Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Buah-buahan! Cek Disini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengontrol dan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula merupakan hal yang harus dihindari bagi . Lalu bagaimana jika penderita diabetes konsumsi buah-buahan yang rasanya manis?

Pada dasarnya, buah-buahan sangat penting untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Meskipun agak berlawanan dengan apa yang pernah Anda dengar. Faktanya, sebagian besar buah kaya akan serat bila dimakan dengan kulitnya, membantu menjaga kadar gula darah.

Seperti yang dilansir okezone.com dikutip dari Healthsite, Dhvani Shah, naturopath dan alhi gizi olahraga, memberikan tips tentang makan buah sambil mengelola diabetes. “Buah-buahan memiliki nilai indeks GI (glikemik indeks) kurang dari 50. Dengan begitu, penderita diabetes boleh mengonsumsi buah-buahan. Ini semua yang perlu Anda ketahui tentang indeks glikemik.”

Ada beberapa hal yang harus dihindari bagi penderita diabetes diantaranya, hindari makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Sebagai gantinya, Anda bisa manjadikan buah sebagai camilan.

Tetapi, jika kadar gula darah Anda sedang tinggi, sebaiknya menikmati camilan yang kaya protein, seperti telur rebus dan susu. Jangan kebanyakan makan buah sampai kadar gula darah Anda menurun.

Baca Juga: Satu Tewas, Pohon Tumbang di Pemandian Dusun Sangsang Sampang

Selain itu, hindari mengonsumsi jus buah karena mengandung pemanis buatan dan tidak mengandung serat. Dan juga hindari mengonsumsi buah sebagai makanan penutup karena dapat meningkatkan kadar gula. Sebaiknya, jaga jarak setidaknya dua jam antara waktu makan dan asupan buah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.