Bom Surabaya, Pengamanan Bandara dan Fasilitas Penerbangan Diperketat

Avatar of PortalMadura.Com
dok. Pesawat Wings Air jenis ATR 72 saat uji coba landasan di Bandara Trunojoyo Sumenep, Sabtu (22/7/2017).(Foto Agustiono Goesbrenk)
dok. Pesawat Wings Air jenis ATR 72 saat uji coba landasan di Bandara Trunojoyo Sumenep, Sabtu (22/7/2017).(Foto Agustiono Goesbrenk)

PortalMadura.Com, Jakarta – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (13/5/2018), menginstruksikan semua stakeholder penerbangan untuk memperketat pengamanan di semua bandar udara dan fasilitas penerbangan seluruh Indonesia, berkaitan dengan adanya serangan bom teroris di beberapa tempat di Surabaya.

“Hal ini karena bandara dan fasilitas penerbangan merupakan obyek vital nasional yang harus dijaga kualitas keselamatan dan keamanannya,” tegas Agus. Laporan Anadolu Agency.

Bandara yang menjadi fokus pengamanan, kata Agus, terutama yang banyak dikunjungi masyarakat.

“Apalagi ini menjelang bulan Ramadan di mana banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan transportasi udara,” tambah Agus.

Selain itu, kata Agus, fasilitas penerbangan lain seperti radar, tower kontrol dan lainnya juga harus dijaga sehingga bisa berfungsi memberikan pelayanan keselamatan penerbangan dengan baik.

Agus mengingatkan agar dilakukan pengecekan yang ketat dengan tetap sesuai aturan keselamatan dan keamanan yang berlaku baik untuk orang maupun barang yang akan menuju bandara dan diangkut pesawat terbang.

“Peralatan keamanan seperti CCTV, X-ray serta personil keamanan harus disiagakan dan dipastikan bisa beroperasi dengan baik. Semua yang mencurigakan baik orang maupun barang harus segera dilokalisir di luar bandara,” lanjut dia.

Agus juga menyampaikan pada semua stakeholder penerbangan untuk selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik secara internal.

“Sedangkan untuk eksternal, juga harus tetap bekerja sama dengan petugas yang berwenang seperti Polri, TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat,” ujar Agus.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.