BPK RI Akan Turun Langsung Periksa Penggunaan Dana Desa

Avatar of PortalMadura.Com
BPK RI Akan Turun Langsung Periksa Penggunaan Dana Desa
dok. Achsanul Qosasi

PortalMadura.Com, Anggota Badan Pemeriksa Keuangan RI, Achsanul Qosasi mengaku akan turun langsung ke desa untuk melakukan pemeriksaan penggunaan .

Rencana tersebut seiring dengan adanya dugaan dana desa tidak dimanfaatkan sesuai aturan yang berlaku, bahkan dibuat bancaan kepala desa sejak anggaran desa bergulir.

Menurutnya, BPK yang merupakan alat negara diberi mandat untuk melakukan penguatan daerah. Untuk itu, BPK tidak ingin hanya menjadi badan verifikator keuangan. BPK akan lebih konfrehensip sampai ketingkat bawah yakni penggunaan dana ditingkat desa.

“Nanti kami akan lihat satu persatu bagaimana penggunaan dana desa tersebut. Apakah sudah benar dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat,” kata Achsanul Qosasi di Sumenep, Minggu (11/6/2017).

Dikatakan, dana yang dikucurkan pemerintah pusat ke desa itu merupakan hak rakyat yang harus dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat pula, termasuk untuk meningkatkan kemakmuran ditingkat desa.

“Saat  ini sudah terbentuk tim, bahkan tim itu sudah ada yang turun ke desa untuk melakukan verifikasi penggunaan dana desa tersebut. Untuk di Sumenep masih belum, tapi kedepan tim juga akan mendatangi desa yang menjadi sample,” ujarnya.

Ia menilai, banyak terjadi penyimpangan disejumlah desa. Salah satu penyebabnya, kurang pahamnya kepala desa terhadap aturan main penggunaan dana desa tersebut. Tapi ada juga karena kepala desa itu menganggap dana yang turun ke desa seolah-olah uang bancaan .

“Yang paling dominan adalah penyimpangan karena dana itu dianggap sebagai uang bancaan, bukan semata-mata karena ketidak tahuan terhadap aturan,” tegasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.