oleh

Buah Ramania Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan? Cek Disini

PortalMadura.Com – Buah ramania adalah salah satu buah langka asli Indonesia. Bukan cuma di Indonesia, buah ramania ini juga terkenal di berbagai negara lain seperti Filipina, Thailand dan Malaysia. Buah Ramania masih bisa Anda jumpai saat musim buah di akhir tahun, walaupun tidak terlalu banyak.

Buahnya bulat berwarna hijau hingga kuning, bergerombol di satu ranting. Buah ramania yang sudah matang dan bisa dikonsumsi adalah yang berwarna kekuningan. Daging buah ramania berwarna kekuningan dan memiliki biji di bagian tengahnya.

Rasa buah ini sangat segar yakni asam dan manis serta memiliki bau terpetin yang sangat khas. Buah ramania ini terbagi menjadi 2 jenis yakni hintalu yang memiliki rasa lebih asam dan juga ramania pipit dengan rasa manis dan daging buahnya lebih gelap.

Dilansir PortalMadura.Com dikutip dari manfaat.co.id, buah ramania ini umumnya dikonsumsi dalam keadaan segar atau diolah kembali menjadi sirup dan manisan. Lalu, apa saja manfaat buah ramania? Yuks, simak dibawah ini.

Sebagai Penyedap Sambal
Buah ramania sering digunakan sebagai bahan penyedap sambal khususnya buah ramania yang masih muda oleh beberapa masyarakat di wilayah Indonesia dan juga bisa diolah kembali menjadi berbagai campuran masakan karena citarasa buah yang sangat menyegarkan. Sedangkan daun ramania juga bisa dikonsumsi sebagai lalapan yang disantap bersama sambal ramania.

Mengikat Oksigen Aktif
Buah ramania menjadi sumber antioksidan yakni komponen fenol dan sudah dibuktikan dalam uji fitokimia lewat jus buah ramania. Senyawa fenolik ini berperan baik dalam mengikat oksigen aktif sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah dari oksigen aktif tersebut yang bisa merusak beberapa komponen seperti vitamin, protein dan juga DNA.

Menjaga Kesehatan Kulit
Seperti berbagai buah yang mengandung vitamin C lainnya, buah ramania yang tinggi akan vitamin C ini sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan pembentukan jaringan kolagen sehingga kulit bisa terlihat lebih sehat. Sedangkan kandungan betakaroten didalamnya juga menjadi sumber vitamin yang baik sebagai solusi kecantikan kulit. Untuk kandungan air tinggi yang ada dalam buah ini bermanfaat untuk melembabkan kulit sehingga bisa menjadi solusi kecantikan kulit alami.

Meningkatkan Imun Tubuh
Kandungan air tinggi dalam buah ramania akan membantu penyerapan zat besi semakin efektif. Kombinasi air dan zat besi ini nantinya juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa tahan terhadap serangan virus atau kuman penyerang tubuh.

Mencegah Sel Kanker
Air yang terdapat dalam buah ramania ini terbilang sangat tinggi sehingga baik dikonsumsi dan menyehatkan sistem pencernaan. Sedangkan kandungan serat penuh dalam buah ini dibutuhkan untuk meningkatkan proses penyerapan makanan lebih cepat dan lebih lancar. Ini akhirnya juga memberikan dampak positif dalam mencegah endapan penyebab kanker saluran pencernaan sehingga buah ini menjadi salah satu solusi kanker yang bagus.

Menyembuhkan Sariawan
Sariawan merupakan salah satu gangguan mulut yang bisa terjadi pada saat tubuh kekurangan vitamin C. Mengkonsumsi berbagai sumber vitamin C seperti buah ramania ini akan mengatasi masalah sariawan bahkan menyembuhkan masalah gusi berdarah. Dalam buah ramania bahkan memiliki manfaat vitamin C melebihi 60 mg maka bisa dikonsumsi untuk mengatasi sariawan,

Melancarkan Peredaran Darah
Dalam setiap tubuh manusia, 55% bagiannya terdiri dari air sehingga kebutuhan air dalam tubuh harus terpenuhi setiap hari. Darah juga sangat membutuhkan air untuk menjaga kekentalan darah dalam sistem peredaran darah. Buah ramania yang mengandung kadar air tinggi ini sangat bagus dibuat menjadi jus agar kebutuhan air dalam tubuh untuk meningkatkan peredaran darah bisa semakin lancar.

Baca Juga : KPU Sumenep Lakukan Seleksi Administrasi Terhadap 611 Pelamar PPK Pilbup 2020

Menjaga Fungsi Otak
Selain darah, organ lain seperti otak sangat penting menjaga fungsinya supaya tetap berjalan dengan baik. Dengan mengkonsumsi buah ramania yang tinggi akan air, maka berbagai masalah pada fungsi otak bisa semakin ditingkatkan.

Menjaga Fungsi Paru-paru
Paru-paru juga menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk dibutuhkan untuk meningkatkan sistem pernafasan. Kadar air hingga mencapai 90% dalam paru paru ini membuat buah ramania menjadi buah bernutrisi untuk menjaga fungsi dari paru-paru.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Selain berperan aktif dalam pembentukan kolagen, buah ramania juga berperan dalam metabolisme protein. Sedangkan kandungan vitamin C dalam buah ini bersama dengan protein akan membantu stimulus regenerasi sel sel di dalam tubuh sehingga luka jadi cepat sembuh sekaligus mengurangi rasa sakit dari luka.

Manfaat buah ramania yang terbilang langka ini ternyata menyimpan cukup banyak nutrisi yang tidak hanya bisa digunakan sebagai penyedap makanan dan sambal saja, namun juga baik dikonsumsi sebagai solusi menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : manfaat.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE