oleh

Buang Racun dan Pulihkan Tubuh saat Tidur, Ini Cara Kerja Otak

PortalMadura.Com – Malam hari merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk beristirahat menghilangkan rasa lelah. Tidur di malam hari bisa menghilangkan kelelahan yang terjadi pada otak kita.

Seperti yang dilansir merdeka.com dikutip dari Medical Daily, tidur malam hari bisa membantu tubuh menghilangkan akumulasi racun selama Anda terbangun yang muncul secara fisik maupun mental. Bisa dikatakan bahwa saat tidur, otak akan membuang seluruh sampah yang masuk ke tubuh pada siang harinya.

Bisa dikatakan sangat luar biasa dan tidak ada bandingannya, dampak yang muncul dari tidur bagi otak ini. Diketahui bahwa proses pembersihan ini melibatkan dua jenis sel yaitu mikroglial dan astrosit yang selalu melakukan proses pembersihan.

Mikroglia merupakan sel kunci dalam perawatan otak secara keseluruhan. Berada di dalam otak dan saraf tulang belakang, sel mikroglial atau mikroglia merupakan bentuk utama dan pertama dari perlindungan kekebalan tubuh yang aktif pada sistem saraf pusat.

Loading...

Sel ini membersihkan sistem saraf pusat dari plak, cedera, atau neuron dan sinapsis dari infeksi. Ketika kita tengah tidur, maka sel ini dapat bekerja secara tepat dan optimal. Selain membersihkan otak, sel ini juga bisa mencegah munculnya penyakit alzheimer.

Mikroglia membantu menghilangkan beta-amyloid, protein beracun yang bisa ditemui pada otak pasien penderita alzheimer. Pada sisi lain, astosit merupakan sel glial berbentuk bintang di otak dan sistem saraf yang memiliki banyak fungsi. Berbagai manfaat yang dimilikinya termasuk dalam membenahi proses dalam otak serta saraf tulang belakang karena cedera traumatis.

Sel mikroglial dan astrosit ini hanya bekerja secara optimal ketika kita tertidur. Jika kita tidak tidur secara cukup, mereka justru akan menyerang jaringan yang sehat dan berfungsi sehingga menimbulkan cedera pada otak dan tubuh.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE