Tak Berkategori  

Bukan Hanya Manusia, Lalat Saja Berpikir Sebelum Bertindak

Avatar of PortalMadura.com

Para ilmuwan dikejutkan dengan temuan terbaru yang mengindikasikan, kalau serangga menunjukkkan kecerdasan dengan berfikir seperti halnya manusia sebelum bertindak.

Meskipun lalat berfikir lebih lambat dari manusia dan monyet, serangga pembawa kuman ini tidak begitu saja asal terbang atau hinggap diobjek tertentu.

Dari serangkaian tes yang dilakukan para ilmuwan juga menemukan, jenis lalat bisa membedakan objek yang mesti dihindari dari bau penciuman mereka. Lalat bisa dengan sigap terbang menuju bau yang lebih kuat.

Namun jika mereka dalam kondisi yang sulit untuk membedakan bau, maka lalat akan berfikir terlebih dahulu sebelum tindakannya salah.

Profesor Gero Miesenbock dari Pusat Studi Perilaku dan Bagian Saraf Universitas Oxford, Inggris, mengungkapkan, serangga itu seperti mengakumulasi informasi sambil menimbang-nimbang tindakan apa yang tepat, ketimbang bertindak impulsif.

“Temuan kami menunjukkan kalau lalat buah punya kapasitas mental mengejutkan yang tidak pernah diperkirakan,” jelasnya.

Adalah sebuah gen yang disebut dengan FoxP yang menyumbang kecerdasan otak lalat buah dalam mengambil keputusan. Gen itu bergerak aktif di dalam 200 sel saraf lalat buah.

Peneliti lainnya Dr Shamik DasGupta mengungkapkan, sebelum keputusan diambil, lalat buah mengumpulkan dulu semua informasi di otaknya.

Lalat dengan mutasi gen FoxP lebih lama mengambil keputusan ketimbang lalat saat membedakan bau. Ini mirip dengan manusia yang peragu.

Dan satu lagi, lalat buah memiliki satu gen FoxP sementara manusia memilki empat gen FoxP. (suara)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.