Bumil, Ini 5 Cara Atasi ‘Pregnancy Brain’

Avatar of PortalMadura.com
Bumil, Ini 5 Cara Atasi 'Pregnancy Brain'
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pregnancy brain atau momnesia merupakan gejala wajar dan biasa yang membuat Bunda merasa jadi pelupa saat hamil. Hal ini umum terjadi pada (bumil). Kondisi yang sering disebut mitos ini ternyata benar. Tim peneliti menemukan kalau ada penurunan signifikan pada fungsi kognitif, memori, dan fungsi eksekutif seperti multitasking pada ibu hamil, terutama di tiga bulan terakhir kehamilannya.

Menurut Melissa Dugan-Kim, MD, instruktur klinis di Departemen Obstetri dan Gynekologi, Northwestern Memorial Hospital, Chicago, sebanyak 25 persen pasiennya yang hamil dan pasca melahirkan jadi sedikit pelupa.

Nah, jika Bunda mengalami ‘pregnancy brain', ini 5 cara mengatasinya:

Buat Catatan di Ponsel
Anda bisa menuliskan segala sesuatu di ponsel sehingga memiliki daftar ke mana atau apa yang akan Anda lakukan. Hal ini bisa sangat membantu ketika pergi ke supermarket, pasar atau ingin melakukan sesuatu di luar rutinitas, Bun.

Bermain Game yang Pertajam Memori
Anda tahu bahwa permainan seperti Sudoku, permainan kata dan masalah logika dapat membantu membuat pikiran dan memori tetap tajam. Coba atasi dengan membeli buku teka-teki silang atau buka koran, lalu lengkapi salah satunya.

Cukup tidur
Tidur ketika hamil memang sulit, tetapi tidur dapat membantu Anda menguatkan memori. Memori memiliki tiga fungsi, memperkenalkan informasi baru, membuat ingatan stabil, dan ingatan. Dengan tidur yang cukup, bisa membantu ketiga fungsi ini.

Ucap dan Ulangi Hal yang Bakal Dikerjakan
Mengucap dan mengulangi to-do-list dengan keras bisa menjadi hal yang mudah dilakukan supaya Bunda tidak mudah lupa. Para ahli percaya bahwa pengulangan membantu mentransfer informasi dari memori jangka pendek ke penyimpanan yang lebih permanen. Bahkan mengucapkannya dapat membantu Bunda mengingatnya nanti.

Konsumsi Makanan Kaya DHA dan Omega-3
Konsumsi kaya DHA dan Omega-3 tidak hanya memperkuat memori tapi baik juga untuk kesehatan janin. Makanan seperti salmon, telur, kacang walnut, dan cranberry sangat bagus untuk ingatan. Jangan lupa juga untuk minum banyak air sepanjang hari. Jika Bunda kurang minum, kemungkinan besar akan kurang konsentrasi, serta sakit kepala dan mual. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.