oleh

Bumil, Ini 6 Cara Efektif yang Bisa Bikin Anda Lebih Tenang Hadapi Persalinan

PortalMadura.Com – Bagi Ibu Hamil (Bumil) baru, menanti waktu persalinan tentu bisa bikin tegang. Apalagi beragam informasi dari orang sekitar yang bisa membuat pikiran semakin senewen.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebuah penelitian dari National Institutes Of Health menerangkan, bahwa ibu yang baru pertama kali melahirkan butuh waktu 2,6 jam lebih lama. Nah, di bawah ini ada enam cara yang bisa Anda lakukan supaya lebih tenang menjelang persalinan. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

Mengikuti Kelas Kursus
Praktisi perawat Lynette Miya, MN, RNP menyarankan para bumil mengambil kursus persiapan persalinan. Dengan begini, pengetahuan mengenai bedah caesar dan epidural.

Kata Lynette, makin banyak pengetahuan yang bumil miliki tentang persalinan, makin baik kesiapan bumil jelang bersalin. Misalnya, bumil jadi tahu melakukan aktivitas dengan posisi jongkok bisa meningkatkan kelenturan otot dasar panggul sampai 28 persen.

Melatih Kekuatan Otot Panggul dan Fokus
Melatih kekuatan otot panggul, pernapasan, dan fokus sangat penting sebagai persiapan persalinan. Nah, isntruktur prenatal yoga, Carmela Catutti mengatakan, yoga bisa dicoba para ibu untuk mempersiapkan persalinan. Dengan yoga prenatal, seluruh tubuh dan stamina lebih kuat serta fleksibilitas pun meningkat.

Hindari Berpikir Negatif
Selama hamil, hindari berpikiran negatif ya, bumil. Anda perlu menamankan pikiran positif sehingga tidak stres. Sepert diketahui, stres pada ibu hamil tidak baik untuk janin. Selain itu, dengan berpikir positif proses kelahiran bayi bisa terbantu lebih lancar.

Dukungan
Dukungan dari keluarga terutama suami sangat penting bagi bumil yang akan melahirkan. Penelitian menemukan, adanya dukungan selama ibu hamil akan bersalin bisa membuat waktu bersalin lebih cepat.

Siapkan Cara Persalinan
Untuk mempersiapkan persalinan, coba pelajari beberapa teknik menimalisir sakit menjelang persalinan. Misalnya self-hypnosis, perubahan posisi persalinan dan beberapa metode pernapasan. Kemudian, pelajari juga beberapa posisi seperti berdiri, berlutut, menari pelan, duduk dan jongkok yang berguna untuk membantu memudahkan persalinan.

Tetap Yakin pada Diri Sendiri
Setelah melahirkan, bukan tidak mungkin berbagai saran Anda dapat dari orang sekitar, terutama saran seputar perkembangan anak. Ingat, semua saran yang disampaikan tidak mesti dilakukan.

“Saat memasuki masa persalinan hal yang lebih terpenting adalah mental dan fisik yang kuat. Menimalisir rasa takut saat persalinan adalah kuncinya. Jadi, usahakan ibu santai dan tenang untuk menghadapi proses persalinan,” kata kordinator kelas melahirkan di Rumah Sakit Wentworth-Douglass, Lindy Sargent. (haibunda.com/Salimah)