Bumil, Jangan Lupa Siapkan Anggaran untuk 7 Kebutuhan Ini

Avatar of PortalMadura.com
Bumil, Jangan Lupa Siapkan Anggaran untuk 7 Kebutuhan Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Menanti hadirnya buah hati itu tentu dibutuhkan banyak persiapan. Salah satunya yang sangat berperan penting yaitu anggaran .

Berbicara tentang anggaran, tentu tidak sedikit dana yang harus Anda dan pasangan keluarkan selama masa kehamilan hingga biaya pasca melahirkan. Tapi Anda tidak perlu menyesalinya, yang perlu Anda lakukan adalah dengan memulai mengantisipasi anggaran jauh sebelumnya.

Dengan demikian, ketika tiba waktunya Anda tidak perlu pusing mencari dana untuk kebutuhan tersebut. Lantas, bagaimana caranya?. Berikut tujuh kebutuhan yang perlu disiapkan oleh (Bumil):

Dokter Kandungan
Begitu tahu terlambat datang bulan, segera cek kehamilan ke dokter kandungan. Poin biaya yang mesti dibutuhkan antara lain untuk konsultasi, check-up, dan vitamin. Biaya ke bidan jelas lebih murah, tapi umumnya peralatan dan kapasitasnya tidak semumpuni dokter spesialis kandungan.

Susu Kehamilan
Pos anggaran ini tidak wajib ada. Tapi demi kesehatan jabang bayi dan kelancaran persalinan, susu khusus masa kehamilan kadang diperlukan. Harga susu kehamilan memang relatif mahal. Anggaran untuk susu bisa saja dialihkan ke suplemen lain, misalnya buah-buahan. Malah suplemen ini lebih menyehatkan karena natural.

USG
Ultrasonografi alias USG dibutuhkan terutama jika ingin melihat jenis kelamin si calon bayi. Umumnya, USG ditawarkan dalam jenis tiga dimensi (3D) atau empat dimensi (4D). Hasil USG 4D lebih jelas, namun ongkosnya lebih mahal. Biayanya bisa sampai Rp 200-an ribu. Sedangkan biaya USG 3D bisa separuhnya.

Baju Hamil
Perut yang makin membesar berarti butuh pakaian baru yang lebih pas. Baju hamil banyak dijual di pasar-pasar hingga mal besar. Beberapa tambahan lain yang mungkin diperlukan adalah sepatu atau sandal dan pakaian dalam baru.

Semuanya karena perubahan ukuran tubuh yang terjadi selama proses kehamilan. Agar lebih hemat, ibu harus pintar-pintar mencari program diskon atau promo. Misalnya dengan menggunakan kartu kredit. Cari toko maupun online shop yang memberikan potongan harga untuk kartu kredit yang dimiliki.

Makanan atau Nutrisi
Ibu hamil perlu banyak tambahan nutrisi, terutama protein. Jadi, konsumsi daging dan ikan bisa dipastikan bertambah. Setidaknya telur masuk menu makanan wajib setiap hari. Tapi hati-hati, tidak perlu berlebihan menganggarkan dana untuk protein ini. Bila berlebihan, malah bisa kolesterol. Konsultasikan dengan dokter untuk tingkat konsumsi yang aman.

Transportasi
Bila ibu adalah wanita karier, artinya perlu ada anggaran tambahan untuk transportasi yang lebih nyaman. Bila sebelumnya naik sepeda motor sendiri, kini mungkin harus sewa taksi atau aplikasi online. Atau setidaknya naik angkutan umum yang nyaman dengan kursi prioritas untuk ibu hamil.

Biaya Lain-lain
Misalnya ternyata kandungan bermasalah, berarti ada biaya tambahan lain berupa perawatan khusus. Hal ini bisa jadi membutuhkan biaya yang mahal. Karena itu, terbukalah saat berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, bila ada kejanggalan, akan segera terdeteksi dan bisa langsung ditangani sejak dini.

Kalau ternyata Anda terpaksa harus menggunakan metode bayi tabung. Biaya bayi tabung bisa lebih dari Rp 50 juta. Belum lagi jika persalinan harus melalui operasi caesar. Tarif caesar bisa berkali-kali lipat dari persalinan normal. Ini adalah pilihan terakhir ketika janin atau sang ibu terancam keselamatannya jika melahirkan secara normal. Jadi, segera siapkan semua agar tidak terkejut ketika harus keluar banyak biaya ketika saatnya tiba. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.