oleh

Bumil, Kenali 4 Manfaat Dengarkan Musik Bagi Anda dan Bayi

PortalMadura.Com – Manfaat mendengarkan musik bagi Ibu Hamil (Bumil) ternyata bisa membuat hatinya merasa lebih tenang dan nyaman. Para peneliti pun percaya akan hal ini. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan semangat dalam diri bumil.

Bahkan, mendengarkan musik bagi ibu hamil bisa membuat sang ibu maupun janin di kandungannya lebih sehat secara fisik maupun psikis.

Penelitian menyebutkan, jika mendengarkan musik bisa merangsang tumbuh kembang janin di kandungan dengan lebih baik. Hal ini juga akan menurunkan risiko stres pada ibu hamil selama kehamilan.

Baca Juga: Moms, Ini 4 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Si Kecil

Nah, berikut ini empat manfaat mendengarkan musik bagi ibu hamil dan bayinya:

Meningkatkan Kemampuan Indra Pendengaran Bayi
Mendengarkan musik melalui headphone akan meningkatkan konsentrasi, indra pendengaran dan keterampilan bayi dalam rahim. Getaran musik dan alunan melodi akan membuat bayi lebih fokus, konsentrasi serta lebih cerdas.

Loading...

Meningkatkan Refleks Bayi
Profesor Emeritus dari Music Education University of Music di Freiburg, Jerman, Wilfried Gruhn, mengungkapkan jika musik bisa merangsang tumbuh kembang otak anak. Musik juga bisa membantu individu terutama bayi lebih refleks dengan sekitarnya. Hal ini bahkan bisa mengembangkan kemampuan belajar dan perilakunya saat anak sudah lahir nanti.

Menurunkan Risiko Stres
Kehamilan tidak jarang membuat ibu merasa stres bahkan depresi. Perubahan yang terus terjadi dalam diri selama kehamilan sering kali membuat ibu merasa tidak siap. Jika stres terus menerus terjadi, ini tentunya akan mengganggu kesehatan sendiri maupun janin. Untuk menurunkan risiko stres, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mendengarkan musik.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak
Mendengarkan musik selama kehamilan bisa membantu ibu maupun bayi mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Penelitian menyebutkan, jika bayi yang terbiasa mendengarkan musik akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik dari bayi yang tidak pernah mendengarkan musik.

Mendengarkan musik selama kehamilan juga disebutkan bisa membantu bayi memiliki pola tidur yang lebih baik saat ia telah lahir ke dunia nantinya.


Rewriter : Salimah
Sumber : fimela.com

Komentar