Bumil, Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisa Melahirkan Normal dengan Mudah

Avatar of PortalMadura.com
Bumil, Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisa Melahirkan Normal dengan Mudah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seorang ibu yang melahirkan secara normal seperti sedang mempertaruhkan hidup dan mati. Memang tidak mudah, karena pasti akan merasakan sakit yang luar biasa. Dari hal ini, kebanyakan ibu hamil (bumil) memilih operasi caesar untuk menghindari sakit.

Pada penelitian lain, CDC mengungkap, 61 persen wanita melahirkan normal dengan bantuan epidural atau penghilang rasa sakit, sementara 39 persen lainnya melahirkan secara alami tanpa epidural. Beberapa dari mereka juga memilih persalinan normal karena tidak sempat atau tidak tersedia epidural.

Nah, agar keinginan Bunda tercapai untuk melahirkan secara normal dengan mudah, ikuti beberapa cara ini. Penasaran? Berikut caranya:

Pilih Bidan atau Dokter
Disarankan untuk memilih bidan atau dokter yang sangat menganjurkan dan mendukung Bunda melahirkan secara normal. “Bidan atau dokter itu akan mengelola seluruh proses kelahiran dengan cara yang paling kondusif, sehingga berjalan sukses,” kata Maria Lorillo, bidan berlisensi CPM (Certified Professional Midwife) dari San Fransisco, Amerika Serikat.

Kontrol Berat Badan
Begitu memasuki trimester ketiga hingga tiba waktu perkiraan melahirkan, Bunda disarankan untuk mengontrol berat badan. Persalinan normal akan terasa lebih mudah jika Bunda tidak mengalami kelebihan berat badan semasa kehamilan. Bobot janin juga akan memengaruhi mudah atau tidaknya proses persalinan.

Kurangi Intervensi Kehamilan
Kalau tidak memiliki masalah kesehatan tertentu, Bunda sebaiknya mengurangi tes medis, perawatan atau intervensi apa pun selama kehamilan. Beberapa tes mungkin diperlukan, tapi banyak yang sifatnya opsional. Jika direkomendasikan, pastikan apakah benar-benar membutuhkannya dan akan mengubah atau meningkatkan kesehatan Bunda. Lakukan itu jika bidan atau dokter memberi alasan yang kuat.

Baca Juga: Amalkan 4 Ayat Ini Agar Proses Melahirkan Dipermudah

Siapkan Fisik dan Mental
Jelang melahirkan, mental Bunda harus benar-benar siap sehingga mendukung fisik tetap fit. Jangan lupa juga untuk tetap berpikir positif. Lupakan cerita-cerita tentang pengalaman teman atau keluarga saat mereka melahirkan. Yakinkan bahwa Bunda bisa melewati persalinan dengan baik.

Lebih Sering Berendam
Lebih sering berendam dalam air diyakini dapat mempermudah persalinan secara alami. Semasa kehamilan, Bunda juga biasanya disarankan untuk sering berenang. Pasalnya, banyak berendam dalam air dipercaya akan membuat Bunda lebih rileks dan mengurangi rasa sakit.

Ikut Kelas Persalinan
Kelas persalinan bisa menambah pengetahuan Bunda tentang bagaimana cara melahirkan normal tanpa hambatan berarti. Bunda juga bisa mengikuti kelas senam hamil untuk mengetahui teknik melahirkan, khususnya mengejan atau ‘ngeden’ yang tepat, serta bagaimana cara mengatur napas jelang melahirkan. Selain di rumah sakit atau klinik, Bunda juga harus mempraktikkan senam di rumah ya.

Buka Mata
Bunda disarankan untuk tetap membuka mata selama kontraksi. Cara ini dianggap efektif untuk mengatasi rasa sakit selama proses persalinan. Penelitian menunjukkan, membuka mata saat merasakan sakit akan membantu Bunda mempersepsikan sedikit rasa sakit dibandingkan dengan menutup mata. Kontak mata dengan pasangan saat proses persalinan juga dipercaya mengurangi rasa sakit Bunda. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.