Bunda, Begini 5 Cara Mendidik Anak Agar Bisa Selalu Bahagia dan Tak Mudah Stres

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Begini 5 Cara Mendidik Anak Agar Bisa Selalu Bahagia dan Tak Mudah Stres
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, orang tua dalam agar bisa bahagia tidak harus selalu dengan memberinya kemewahan dan kemudahan. Apalagi jika terlalu dimanja, anak akan kesulitan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri di masa depan.

Memberikan masa kecil yang bahagia memang sangat penting dilakukan orang tua. Hal ini agar anak nanti bisa tumbuh menjadi orang sukses dan tidak mudah stres. Sebagai orang tua, Anda bisa melakukan sejumlah cara untuk mendidik si kecil agar bisa jadi anak yang bahagia.

Nah, berikut ini lima cara mendidik anak agar bisa selalu bahagia dan tidak mudah stres:

Ajak Bermain di Luar Ruangan
Berlarian di lapangan, main ayunan, main jungkat-jungkit, hingga main lumpur bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa aroma dari alam, seperti aroma pohon pinus, dan rerumputan bisa meningkatkan suasana hati anak.

Sekadar piknik di taman dekat rumah atau mengerjakan PR di taman belakang rumah bisa jadi kegiatan yang menyenagkan untuk menjaga suasana hati si kecil bisa selalu bahagia.

Batasi Penggunaan Gadget
Saat sedang berkumpul atau melakukan kegiatan bersama, jangan disibukkan dengan gadget. Begitu pula saat mengerjakan PR, sebaiknya tidak pakai gadget bila tidak benar-benar diperlukan agar tidak ketergantungan. Kalau butuh gadget untuk belajar atau mengerjakan tugas, Anda harus selalu mendampinginya.

Mengucap Syukur Bersama Setiap Hari
Mengucap syukur dari hati yang terdalam setiap hari bisa membantu anak jadi pribadi yang lebih sehat dan bahagia. Anda bisa mengucapkan syukur pada hal-hal sederhana yang Anda alami setiap hari dengan anak. Dengan kebiasaan bersyukur ini, anak bisa mendapatkan rasa bahagia dan terlatih untuk selalu melihat sisi baik dari segala hal.

Jangan Memenuhi Semua Permintaannya
Kalau Anda terlalu memanjakan anak dengan selalu memenuhi permintaannya, nanti saat dewasa ia akan kesulitan untuk membedakan mana yang namanya hanya keinginan dan kebutuhan. Parahnya lagi, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang matre saat konsep kebahagiaan yang dipahami adalah yang bisa diukur dengan uang atau materi. Anak pun perlu dilatih mengendalikan diri untuk tidak selalu memaksakan kehendaknya pada setiap hal.

Libatkan dalam Kegiatan Berbagi pada Sesama
Berbagi pada sesama bisa membuat anak bahagia dan kebahagiaan yang mereka rasakan bisa membuat mereka menjadi pribadi yang baik hatinya. Kebiasaan berbagi pada sesama yang dibangun sejak kecil bisa membuat mereka memiliki masa kecil yang bahagia dan berarti. Bahkan, kebiasaan baik itu bisa terus terbawa hingga dewasa.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendidik anak agar bisa selalu bahagia. Yang tidak kalah penting, Anda juga perlu selalu meluangkan waktu melakukan kegiatan bersama si kecil dan mencurahkan kasih sayang Anda padanya. Karena biasanya hal terpenting yang bisa membuat anak bahagia adalah saat dia bisa merasakan cinta yang tulus dari kedua orang tuanya. (fimela.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.