oleh

Bunda, Begini Cara Atasi Anak yang Malas Main di Luar Ruangan

PortalMadura.Com – Bermain menjadi aktivitas yang paling menyenangkan bagi anak pada umumnya. Ada beberapa anak yang lebih suka bermain di luar ruangan dan sebagian lainnya justru merasa nyaman jika main di dalam rumah.

Menyikapi hal itu, orang tua perlu menyeimbangkannya agar anak bisa merasakan atau menikmati keduanya. Hal ini juga supaya membuatnya tidak merasa monoton saat bermain.

Sebagaimana Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang, Catharine M Sambo, menjelaskan pentingnya seorang anak bermain di dalam dan di luar rumah. Menurut dia, kebutuhan yang satu ini harus dilakukan seimbang.

Bila si Kecil enggan bermain di luar rumah, orang tua bisa memberikannya contoh bahwa beraktivitas di ruang terbuka, seperti naik ayunan di taman atau main pasir di pantai, itu menyenangkan.

Dari situ anak dapat belajar bahwa main di luar ruangan terasa menyenangkan.

Loading...

“Kasih contoh kepada anak. Anak bisa belajar bermain di luar ruangan membuatnya happy (senang),” kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah ini.

Agar bermain di luar ruangan dengan anak menyenangkan, orang tua bisa meluangkan waktu lebih banyak. “Sediakan waktu lebih banyak bermain dengan anak,” Catharine melanjutkan.

Baca Juga : Cara Aman Bikin Anak Tetap Sehat Main di Luar Rumah

Perlu Anda ketahui, manfaat bermain di luar ruangan bisa mendukung tumbuh kembang anak. Hal ini juga dapat mengasah kemampuan fisik dan gerak seorang anak.

“Yang pasti mencukupi kebutuhan fisik anak. Pertumbuhan otot dan tulang juga lebih baik,” ujarnya.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com

Komentar