Bunda, Begini Cara Efektif Ajari Si Kecil Berbisnis Online Lewat Mainan Bekas

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Begini Cara Efektif Ajari Si Kecil Berbisnis Online Lewat Mainan Bekas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kemajuan teknologi dan zaman yang makin berkembang, tentu banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajari anak menyukai dunia bisnis. Pasalnya, dengan belajar berbisnis sedini mungkin, selain anak bisa jadi wirausahawan cilik, mereka juga bisa punya bekal untuk memulai bisnis saat dewasa yang pasti sangat bermanfaat bagi masa depannya.

Sebagaimana menurut seorang Vice President of Marketing Bukalapak, Bayu Syerli, sebaiknya anak-anak diperkenalkan dengan perkembangan kemajuan teknologi marketplace, khususnya bisnis jual beli online sejak dini. Sebab, ini akan berdampak pada kehidupannya kelak.

“Saat anak belajar secara langsung menjadi wirausahawan sejak usia dini, ketika dewasa nanti dia akan mantap berbisnis, bahkan bisa menciptakan inovasi-inovasi baru di bidang e-commerce di Indonesia,” kata Bayu.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk menumbuhkan jiwa bisnis anak. Pertama, ajak anak ke area bermain profesi, seperti bermain sambil belajar jadi wirausahawan bisnis jual beli online. Di situ, anak bisa mendapatkan pengalaman langsung sebagai pembeli, pemeriksa, pengemas, dan kurir pengirim barang.

Bayu juga menjelaskan cara lain untuk menumbuhkan jiwa bisnis anak bisa dimulai dari rumah. Orang tua bisa mengenalkan anak proses jual beli dengan menggunakan barang-barang milik anak yang sudah tidak terpakai.

“Saat anak menginginkan mainan baru, orang tua bisa minta anak mengumpulkan mainan, baju atau sepatu bekasnya untuk dijual kembali. Ajarkan pada anak bahwa proses menjual itu bisa menghasilkan uang untuk dibelikan mainan baru yang dia inginkan,” ujarnya.

Baca Juga: Ini 6 Jenis Bisnis Termudah untuk Remaja

Setelah barang bekas sudah terkumpul, perlihatkan anak cara menjual secara online. Bila anak masih terlalu kecil, cukup jelaskan jika barang bekas miliknya bisa dijual melalui aplikasi online tanpa perlu repot pergi ke tempat penjualan barang bekas.

“Kita memilih online shopping sebagai tempat menjual barang anak karena efektif dan efisien. Anak sekarang cepat mengerti dengan teknologi, jadi pasti efektif sesuai perkembangan zaman. Lalu, lebih efisien karena barang bisa langsung ditawarkan dan terjual,” tuturnya.

Menurut Bayu, mengajari anak proses bisnis jual beli bisa dimulai saat anak mulai meminta untuk dibelikan mainan. Namun, masih banyak orang tua ragu karena takut anak akan menjadi konsumtif dalam bisnis jual beli online.

“Saat mengenalkan anak bisnis online jual beli, yang paling penting adalah orang tua terus mendampingi sehingga tahu batasan agar anak tidak jadi konsumtif,” ujar President of KidZania Jakarta, Kerry Riza.

Kerry menambahkan, mengajari anak berbisnis online sejak dini tidak cuma untuk belanja online, tapi juga belajar cara dan proses belanja online serta mengajak anak belajar efisien dalam menggunakan waktu belanja.

“Proses bisnis jual beli online tidak memakan waktu yang lama. Jadi, orang tua juga bisa mengajari sambil mengawasi anak,” tutupnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua dalam mengajari si kecil berbisnis online sejak dini melalui mainan bekasnya. Selamat mencoba, Bunda!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.