Bunda, Begini Cara Efektif Bikin Si Kecil Suka Makan Sayur dan Buah

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Begini Cara Efektif Bikin Si Kecil Suka Makan Sayur dan Buah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas orang tua yang memiliki banyak aktivitas setiap harinya secara tidak disadari dapat memengaruhi pola makan . Pasalnya, mereka tidak memerhatikan pola sehat dengan kebutuhan vitamin dan mineral yang tercukupi bagi buah hatinya.

Bahkan, sebagaimana yang diungkapkan seorang sosiolog, Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci, kesibukan masyarakat, terutama para pekerja di perkotaan yang cukup tinggi ini membuat kebiasaan sarapan dan makan siang mereka dilakukan di lingkungan kerja. Sehingga mereka tidak menyiapkan buah dan sayur dalam menu makanannya maupun keluarga.

“Hal ini dapat memengaruhi perilaku anak. Beberapa anak mungkin akan menjadi pemilih dalam hal makan buah dan sayur, sehingga membutuhkan upaya dan kesabaran ekstra dari orang tua,” ujarnya.

Maka dari itu, Daisy menghimbau, supaya para orang tua harus mulai mensosialisasikan pola makan sehat pada anak sejak dini. Sebab, kebiasaan ini akan membentuk karakter makan sehat anak di kemudian hari hingga dewasa.

Hal ini, lanjut Daisy, dapat dimulai dengan memberikan contoh makan sehat untuk anak dengan menciptakan lingkungan makan yang menyenangkan.

“Pastikan selalu sediakan buah dan sayur di rumah, biasakan satu gigitan setiap hari jika anak tidak suka. Jangan pernah memaksa anak untuk makan, karena makan itu haruslah menyenangkan,” ungkapnya. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.