Bunda, Begini Cara Efektif Sikapi Anak yang Hobi Ngupil di Tempat Umum

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Begini Cara Efektif Sikapi Anak yang Hobi Ngupil di Tempat Umum
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang lumrah dilakukan oleh setiap orang termasuk anak-anak, yaitu mengupil. Hanya saja terkadang ada sebagian anak yang sangat suka mengupil. Parahnya lagi, ketika di tempat umum mereka asyik saja ‘menggali harta karun’ di dalam hidungnya.

Jika sudah begini, Anda sebagai orang tua pasti berpikir, normalkah yang dilakukan anak dan bagaimana cara menghentikannya?. Psikiater Gail Saltz bilang, mengupil itu normal. Hampir setiap anak melakukannya, begitu juga orang dewasa.

Saat mengupil, lanjut Salts, seperti timbul dorongan alami untuk memegang hidung karena ada ingus yang mengering, yang menciptakan sensasi rasa gatal. Atau mungkin, anak terdorong mengupil karena upil membuat napasnya tidak nyaman.

“Sayangnya, mengupil dianggap menjijikkan dan tidak sehat di masyarakat kita. Inilah sebabnya mengapa orang tua sering mengingatkan anak agar tak mengupil,” kata Saltz.

Apabila anak mengupil di depan umum, orang tua bisa mengajari anak untuk tidak melakukannya di tempat umum. Tapi, lakukan di tempat yang lebih sepi, mengambil upil menggunakan tisu, atau minimal tutupi hidung ketika mengupil. Kemudian, beri contoh jika memang orang tuanya tidak mengupil di depan umum.

“Bunda bisa memberi alternatif dengan memberi anak tisu atau memintanya ke kamar mandi. Jangan lupa jelaskan tentang tujuan bersikap sopan santun serta pentingnya hidup sehat,” tuturnya.

Misalnya, beri penjelasan ke anak ketika Anda memasukkan tangan yang belum tentu bersih ke hidung untuk mengupil, bisa berisiko terinfeksi kuman. Lalu, setelah anak ngupil dan melakukan kontak dengan orang lain, itu juga bisa menyebarkan kuman.

Kalau anak masih saja mengupil di depan umum setelah berulang kali diberi penjelasan, bisa jadi mereka sengaja ‘melanggar aturan’. Menurut Saltz, ini bisa terjadi ketika anak sudah mulai mampu memberontak atau dia sedang kesal.

Baca Juga: Ngupil Bisa Batalkan Puasa, Benarkah? Ini Jawabannya

Terpisah, ahli etika, Peter Post, berpendapat mengupil itu menjijikkan. Menurutnya, Anda mengambil sesuatu yang lengket dan menjijikkan keluar dari hidung.

“Meski kita menggunakan tisu untuk menghilangkannya dari jari, jari akan kita gunakan untuk menyentuh orang lain,” kata Post.

Post menyarankan, jika ingin mengupil, coba cari tempat yang sepi dan tidak terlihat orang lain. Apalagi manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang suka bergaul dengan orang lain dan etika adalah hal penting ketika bergaul.

“Mengupil di depan orang lain bisa membuat mereka enggak nyaman. Untuk itu, saat berinteraksi dengan orang lain, kita mesti jaga perilaku,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.