Bunda, Begini Cara Memasak Sayuran yang Benar Agar Gizinya Tak Hilang

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Setiap orang memiliki cara dan kebiasaan tersendiri dalam memasak, salah satunya . Banyak orang menganggap bahwa yang serampangan tetap tidak akan mengurangi gizi dan nutrisi yang terkandung di sayuran.

Padahal anggapan itu salah, tapi masih banyak orang yang salah kaprah sehingga membuat nutrisi dan gizi pada sayuran hilang. Nah, agar memasak Anda tidak sia-sia, maka simak cara memasak sayuran yang benar berikut ini:

Hindari Merebus Sayuran
Nah, ini dia kebiasaan mengolah sayuran yang salah namun paling sering dipraktikkan. Meskipun begitu, kebiasaan merebus sayuran ternyata tidaklah disarankan sebab dapat mengurangi nutrisi serta gizi yang terkandung di dalam sayuran.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menyimpulkan bahwa penambahan cairan dalam mengolah sayuran justru dapat mengurangi kandungan baik pada sayuran hingga 50%.

Jika Terpaksa, Rebus Sayuran dengan Air Mendidih
Jika memang terpaksa, Anda tentu tetap diperbolehkan untuk merebus sayuran, dengan catatan bahwa air yang digunakan haruslah air mendidih. Mengapa?. Sebab air yang belum mendidih kaya akan oksigen. Hal inilah yang dapat melarutkan nutrisi serta warna pada sayuran lebih cepat.

Solusinya, didihkan terlebih dahulu air, baru masukan sayuran Anda selama 1-2 menit. Setelah itu, segera pindahkan sayuran ke mangkuk yang berisi air dingin agar proses memasak segara terhenti sehingga nutrisi, warna, dan tekstur sayuran tidak banyak berubah.

Segera Sajikan Sayuran yang Telah Dimasak
Menyimpan kembali sayuran yang telah dimasak ke dalam lemari pendingin memang praktis. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasan ini justru dapat membuat manfaat yang terkandung di dalamnya terbuang sia-sia?. Ya, sayuran yang didiamkan lebih dari 24 jam setelah dimasak telah kehilangan 50% kandungan nutrisnya. Apalagi jika masakan tersebut “mampir” terlebih dulu ke lemari es. Karenanya, segera sajikan dan habiskan sayuran yang terhidang, ya!.

Batasi Penggunaan Garam
Layaknya gula, garam merupakan salah satu bahan penyedap makanan yang sangat lazim digunakan. Namun, jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari sayuran yang dikonsumsi, maka ada baiknya untuk mulai mengurangi penggunaan garam.

Alasannya?. Tidak lain karena senyawa yang terkandung di dalam garam terbukti memicu proses keluarnya air dan nutrisi dalam sayuran. Solusinya, selain dengan mengurangi penggunaan garam, Anda juga bisa mencoba alternatif penyedap masakan lainnya, seperti lada atau bubuk bawang putih.

Memanggang? Why Not!
Meskipun terdengar ganjil, namun banyak ahli yang menyatakan bahwa memanggang merupakan salah satu cara ideal dalam mengolah sayuran. Hal ini disebabkan proses memanggang tidaklah membutuhkan tambahan minyak; tidak seperti menggoreng atau menumis. Selain itu, banyak jenis sayuran yang gizinya banyak terkandung di bagian kulit, seperti kentang dan tomat. Jadi, masih enggan memanggang sayuran?.

Hindari Menggoreng, Mulailah Menumis!
Mungkin, banyak di antara Anda yang memilih menggoreng sayuran sebab cara ini dapat meningkatkan cita rasa serta tekstur renyah. Eits, jangan salah!. Menggoreng sayuran justru dapat memicu penyerapan lemak ke dalam sayuran. Hasilnya, bukannya manfaat sayuran yang didapat, namun Anda justru akan menimbun lemak jahat di dalam tubuh.

Solusinya, mulailah membiasakan diri untuk menumis sayuran. Mengapa? Sebab, cara ini dianggap lebih sehat karena durasi waktu memasak yang tidak terlalu lama. Selain itu, selektif pula dalam memilih minyak yang digunakan, ya!. Pilihlah jenis yang baik bagi kesehatan, seperti minyak zaitun. Dengan cara demikian, Anda akan merasakan manfaat serta nikmatnya sayuran secara bersamaan. (okezone.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.