oleh

Bunda, Hindari 4 Kesalahan Ketika Memandikan Bayi

PortalMadura.Com – Memandikan bayi terkadang membutuhkan trik tersendiri. Meski Anda sudah mengikuti kelas perawatan bayi di rumah sakit, seringkali berbeda dengan kenyataan. Anda harus selalu berhati-hati agar tidak melukai bayi.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Jumat (30/4/2021), ini kelasahan yang perlu Anda ketahui saat memandikan bayi:

Terlalu Dini Memandikan Bayi

Vernix merupakan lapisan pelindung kulit bayi yang baru lahir. Lapisan ini melindungi bayi dari infeksi setelah lahir, membantu permukaan kulit beradaptasi, serta mengatur suhu tubuh bayi. Vernix memberikan perlindungan pada kulit bayi selama beberapa jam pertama setelah ia dilahirkan. Jadi jangan buru-buru membersihkannya, tunda mandi pertama setidaknya sampai enam jam setelah dilahirkan.

Terlalu Sering Memandikan Bayi

Momen memandikan bayi merupakan saat yang menyenangkan. Karena alasan ini, sebagian orangtua memandikan bayi sehari dua kali setiap hari. Dampak yang paling umum terjadi bila terlalu sering memandikan bayi adalah menyebabkan kulit bayi menjadi kering.

Terlalu Banyak Menggunakan Produk

Penggunaan produk yang terlau banyak juga tidak baik untuk kesehatan kulit bayi. Perawatan kulit yang berlebihan justru berisiko menimbulkan ruam dan gatal, kulit kering, atau iritasi.

Air Terlalu Panas

Sebelum memandikan bayi, pastikan Anda memeriksa suhu airnya. Jangan terlalu panas atau terlalu dingin. Air yang terlalu panas dapat membakar kulit bayi yang sensitif. Pastikan kulit bayi tidak berubah menjadi merah selama dimandikan. Bila kulit bayi memerah, artinya air yang digunakan terlalu panas.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar