Bunda, Ingin Anak Anda Minat Masak? Lakukan 5 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ingin Anak Anda Minat Masak? Lakukan 5 Hal Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendidik anak untuk mengetahui segala hal merupakan kewajiban orangtua. Salah satunya dengan mengajarkan anak memasak sejak dini, hal ini tentu berguna saat anak mulai beranjak dewasa.

Akan tetapi, tidak semua anak menyukai pembelajaran yang satu ini. Untuk itu, orang tua perlu menciptakan suasana yang membuat anak senang dan berani mencoba.

Mengajarkan si kecil memasak memang sangat menyenangkan, namun ada beberapa yang perlu diperhatikan seperti pilihan alat agar tetap aman.

Berikut lima cara membuat anak minat memasak:

Ajak Berbelanja
Coba selalu ajak anak untuk berbelanja bahan makanan, karena memilih bahan adalah langkah awal dalam membuat masakan. Lebih sehat, ajak mereka di bagian buah dan sayuran dan biarkan mereka memilihnya. Anak akan lebih mudah makan buah dan sayur saat ikut memilih sebelumnya.

Resep yang Tepat
Mulai dari resep yang mudah terlebih dahulu. Beri pilihan beberapa resep dan biarkan ia memilih. Ada banyak buku masak untuk anak yang bisa Anda beli.

Pertama, bisa dimulai dengan membuat adonan agar mereka bisa ikut terlibat. Makanan seperti roti, pizza, dan cookies bisa jadi pilihan.

Jadikan Suasana Dapur Santai
Di dapur memang banyak peralatan berbahaya. Dari kompor panas hingga pisau dapur, namun pastikan Anda tetap tenang. Anak-anak bisa membaca rasa gelisah, jika Anda tidak santai, mereka pun agak merasa gelisah.

Tetap awasi mereka, bila anak mendekati bahaya, peringatkan dengan suara tenang dan sambil tersenyum. Hal in, agar si kecil lebih santai juga, dan buat lebih bersemangat dengan memutar musik serta ajak mereka bekerja sambil bercanda.

Jangan memakai kata-kata sulit saat mengajarkan si kecil, agar membuat anak lebih betah di dapur.

Belajar Bersama
Acara memasak juga jadi momen untuk mengajarkan anak banyak hal lain. Mulai dari sejarah, gizi, keluarga yang bisa disesuaikan dengan umur anak. Hal tersebut membuat mereka melihat memasak sebagai sesuatu yang menarik dan penuh ilmu pengetahuan. Anda bukan hanya mengajarkan memasak, tapi juga membuka wawasan akan banyak hal lain.

Beri Penghargaan
Tujuan utama Anda bukan untuk menciptakan makanan kualitas restoran, tapi mendorong penghargaan akan diri sendiri pada anak. Pamerkan hasil masakan mereka pada anggota keluarga lain dan hargai usaha mereka. Jika pada akhir memasak anak senang, ia akan bersemangat untuk mencoba hal-hal lain di dapur.

Itulah lima cara membangun minat anak memasak yang bisa Bunda terapkan. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.