oleh

Bunda, Ini 4 Jenis Autisme pada Anak

PortalMadura.Com – Autisme merupakan gangguan perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan penderita dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Autisme sekarang disebut sebagai gangguan spektrum autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD). Hal ini karena gejala dan tingkat keparahannya bervariasi pada tiap penderita.

Anak penderita autisme setiap tahunnya mengalami peningkatkan yang cukup signifikan. Sehingga hal ini cukup mengkhawatirkan bagi orang tua yang mempunyai anak. Apalagi diketahui dengan kondisi autisme yang biasanya memiliki dunianya sendiri dan tampak tidak peduli dengan orang-orang atau hal-hal di sekitarnya.

Gejala autisme bisa dilihat sejak anak berusia 1 tahun bahkan kurang. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman Fimela.com yang mengutip dari Liputan6.com, autisme terbagi pada empat jenis. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Autistic Disorder

Ini merupakan autisme yang disebabkan oleh ketidakmampuan anak dalam menafsirkan emosi. Anak dengan kondisi ini umumnya sangat asik dengan dunia sendiri dan tidak bisa memahami permasalahan dari sudut pandang orang lain. Biasanya, anak dengan autisme ini justru cerdas atau ahli dalam bidang tertentu semisal musik, seni, sains atau berhitung.

Asperger Syndrome

Anak dengan autisme ini tidak akan merespon atau menanggapi orang lain yang coba mendekatinya. Anak ini hanya akan tertarik pada orang lain atau sesuatu ketika ia benar-benar tertarik dengannya. Anak dengan kondisi ini masih bisa berkomunikasi dengan orang lain. Hanya saja, mereka cenderung tidak mau memberi respon jika memang mereka sedang tidak ingin berkomunikasi atau merespon.

Loading...

Baca Juga: Orang Tua, Kenali 3 Gejala Autisme Pada Anak Sejak Dini

Childhood Disintegrative Disorder

Anak dengan jenis autisme adalah mereka yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik, bahasa dan sosial. Di awal usia anak, anak mungkin memiliki kemampuan motorik, bahasa dan sosial yang baik. Tapi seiring dengan bertambahnya usianya, kemampuan itu menurun. Kemampuan ini bahkan bisa menghilang saat anak mencapai usia 5 sampai 10 tahun.

Pervasive Developmental Disorder (Not Otherwise Specified)

Dibandingkan dengan jenis autis lainnya, jenis yang satu ini bisa dibilang yang paling rumit. Anak dengan autisme ini masih bisa berinteraksi dan bersosialiasi dengan baik namun terkadang mereka seperti memiliki teman imajinatif. Ada beragam masalah yang dihadapi anak dengan jenis autisme ini. Masalah itu berbeda-beda antara anak satu dengan lainnya.

Itulah beberapa jenis autisme pada anak. Tidak jarang anak dengan kondisi autisme dipandang sebelah mata. Tapi yang pasti, mereka tetap membutuhkan kita semua dan perlu penangangan yang lebih baik. Mereka merupakan anak-anak dengan kemampuan dan kepribadian yang istimewa. Semoga informasi ini bermanfaat.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber : fimela.com

Komentar