Bunda, Ini 4 Trik Jitu Bikin Si Kecil Mudah Bangun untuk Sahur

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 4 Trik Jitu Bikin Si Kecil Mudah Bangun untuk Sahur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain menyiapkan menu , orang tua juga memiliki tugas membangunkan si kecil saat melatih mereka untuk berpuasa. Baik ayah maupun ibu, perlu siasat jitu agar anak mau bangun dini hari untuk makan sahur.

Sebagaimana seorang dokter dari situs Klik Dokter, Reza Fahlevi, menjelaskan, melatih anak puasa harus dimulai dengan mengajarkan kepada mereka pentingnya makan di waktu sahur. Bagaimana pun caranya, ajarkan dengan bahasa dan logika sederhana tentang keuntungan sahur yang mudah anak mengerti.

Berikut empat cara cerdas bikin anak mudah bangun untuk sahur menurut Reza Fahlevi:

Anak Tidur Lebih Cepat
Ajaklah anak untuk tidur lebih awal di malam hari. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan tidur berkualitas meskipun harus bangun dulu untuk makan sahur.

Siapkan Makanan Kesukaan Anak saat Sahur
Anak akan menunjukkan rasa tidak nyaman jika sahur dalam keadaan masih mengantuk. Agar anak melek dan bersemangat, Anda bisa menyiasatinya dengan memasak makanan kesukaan si Kecil.

Selain itu, makanan kesukaan tersebut membantu meningkatkan selera makan anak, dan si Kecil akan bersemangat untuk sahur.Carilah menu favorit kaya nutrisi dan vitamin, supaya anak punya cukup stamina untuk menjalankan ibadah puasa.

Sahur di Akhir Waktu
Pilihlah makan di akhir waktu jika menginginkan anak ikutan sahur bersama. Sahur terlalu cepat, kata Reza, dapat membuat anak lebih cepat lapar di siang hari.

Maka dari itu, biarkan anak tidur sembari Anda menyiapkan makanan. Kemudian, satu atau setengah jam sebelum imsak, bangunkan mereka untuk segera sahur.

Beri Penghargaan
“Memberikan penghargaan untuk anak yang mau bangun sahur merupakan salah satu cara agar anak bersemangat untuk sahur,” ungkap Reza.

Adapun penghargaan yang bisa orang tua berikan antara lain pujian, atau hadiah kecil agar anak lebih tergugah untuk bangun sahur. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.