Bunda, Ini 5 Cara Mudah Bantu Anak Mencintai Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 5 Cara Mudah Bantu Anak Mencintai Bulan Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi anak-anak menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, pada awalnya mungkin akan terasa sangat berat. Namun, orang tua bisa membantu mereka untuk mencintai bulan Ramadan sejak dini.

Sebenarnya, ada banyak berkah dan keistimewaan di bulan Ramadan yang bisa diperkenalkan pada anak untuk membuat mereka mencintai bulan suci ini. Nilai-nilai positif dan spiritual bulan Ramadan bisa Anda perkenalkan pada si kecil dengan berbagai cara mudah dan menyenangkan.

Selain itu, rutinitas dan aktivitas selama bulan Ramadan bisa dibuat seru dan menarik agar anak-anak semangat mengisi bulan Ramadan dengan berbagai hal positif.

Nah, berikut ini lima cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak mencintai Ramadan:

Memasak atau Membuat Kue Bersama
Quality time dengan keluarga bisa ditingkatkan dengan cara sederhana, seperti memasak bersama untuk buka puasa di rumah. Kegiatan membuat masakan sederhana bisa meningkatkan kedekatan dan keakraban dengan semua anggota keluarga. Membuat kue kering untuk lebaran juga bisa jadi cara menyenangkan untuk menghabiskan hari-hari selama bulan Ramadan. Momen sederhana membahagiakan yang dilakukan selama bulan Ramadan bisa jadi kenangan yang tidak terlupakan pada anak.

Beribadah Bersama
Anak adalah peniru ulung. Bila Anda ingin anak-anak mencintai bulan Ramadan dan giat beribadah, maka Anda juga perlu mencontohkan langsung. Bisa dimulai dengan kegiatan mengaji bersama, salat berjemaah, dan pergi ke masjid bersama. Beri arahan soal pahala yang akan Anda dapat dari setiap ibadah yang Anda lakukan. Jelaskan bahwa setiap ibadah Anda ada yang melihat dan mencatat. Setiap ibadah yang Anda lakukan, nanti kebaikannya juga akan kembali pada diri Anda.

Pasang Dekorasi Menarik di Kamar
Memasang dekorasi atau pernak-pernik bisa jadi cara seru untuk menyemarakkan bulan Ramadan. Anda bisa mengajak anak-anak untuk membuat dekorasi atau hiasan yang dapat dipasang di dinding dengan tema Ramadan. Pakai kertas warna-warni dan spidol aneka warna, Anda sudah bisa membuat suasana jadi terasa lebih semarak selama bulan puasa. Bisa juga pasang kata-kata penyemangat agar kuat berpuasa dan ibadah harian untuk mendapat banyak pahala.

Baca Juga: 4 Cara Bikin Anak Tak Malas Bangun Sahur

Buat Jadwal Kegiatan Berbagi kepada Sesama
Mungkin pada hari yang disepakati bersama bisa mencoba menyiapkan takjil atau makanan berbuka untuk dibagikan ke orang-orang di sekitar rumah. Atau bisa menjadwalkan kegiatan berbuka bersama dan salat tarawih di panti asuhan. Yang paling sederhana bisa coba menyisihkan sebagian uang saku atau uang jajan untuk ditabung lalu kemudian disedekahkan. Bulan Ramadan adalah momen yang tepat untuk belajar berbagi dan empati.

Bacakan Kisah-kisah Teladan
Luangkan lebih banyak waktu untuk membacakan kisah-kisah Nabi dan para sahabat. Ambil dan petik pesan moral serta teladannya. Terapkan pada kehidupan sehari-hari. Buka komunikasi dan percakapan dengan anak soal berbagai hal baik yang bisa dilakukan sebagai bekalnya untuk lebih memahami agamanya.

Bahkan, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak mencintai bulan Ramadan. Semoga Anda sekeluarga bisa mendapat berkah di bulan yang suci ini, ya. Aamiiin.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.