oleh

Bunda, Ini 7 Hal Penting yang Harus Anda Ajarkan pada Anak Laki-laki

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti akan melakukan segala hal demi sang buah hati, terutama seorang ibu. Salah satu hal kecil yang perlu diajarkan pada anak, seperti cara bertanggung jawab terhadap barang-barangnya sendiri.

Sedari kecil, Anda perlu membiasakan si kecil khususnya anak laki-laki Anda untuk merapikan tempat tidur, meletakkan piring di wastafel, atau menaruh sepatu dan pakaian kotor di tempatnya. Selain itu, pelajaran terpenting yang harus diberikan kepada anak laki-laki Anda adalah agar ia mampu dan mau menghargai semua orang dan bersikap baik.

Nah, berikut ini tujuh pelajaran penting yang harus diajarkan seorang ibu kepada anak laki-lakinya:

Menjadi Suami yang Baik
Anak Anda tidak akan terus menerus kecil, ia akan tumbuh dewasa dan menikah. Ketika ia telah menikah, hal yang perlu Anda tegaskan kepadanya adalah bahwa ia harus menjadi pribadi yang baik, bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk pasangan dan keluarganya.

Marah
Ketika anak Anda masih kecil, mungkin hal tersulit yang Anda hadapi adalah kemarahannya. Katakan pada anak Anda bahwa tidak masalah untuk merasa marah, karena itu adalah reaksi alami manusia, namun ia harus bisa untuk mengenali, mengakui perasaannya, dan menemukan hal yang dapat digunakan untuk mengekspresikan perasaan tersebut. Ia boleh menendang bola, bukan Anda. Atau memukul bantal, bukan Anda.

Jangan Menyerah
Ada banyak hal di luar sana yang berfokus pada pemberdayaan wanita dan bagaimana untuk menanamkan semangat dalam diri seorang wanita, namun untuk pria? Ya, hampir tidak ada.

Faktanya, seorang pria juga membutuhkan dorongan dan semangat untuk melakukan suatu hal. Salah satu hal terbaik yang dimiliki oleh manusia ketika melewati masa sulit adalah tekad dan kemampuan untuk melakukan.

Namun, setiap orang harus didukung dan didorong untuk mendapatkan kepercayaan diri agar mampu melewati masa-masa sulit.

Membersihkan Sendiri Segala Sesuatu yang Dibuat Kotor
Menumpahkan makanan atau minuman secara tidak sengaja ke lantai?. Ajari anak Anda untuk membersihkannya sendiri.

Mengikuti Kata Hatinya
Ia ingin pergi ke sekolah musik?. Mendaki gunung?. Menjadi ahli forensik?. Traveling ke seluruh dunia?. Ajarkan pada anak Anda bahwa ia dapat melakukan segala hal yang menjadi keinginan hatinya, asalkan ia terus mencoba dan tekun. Karena ketekunan adalah satu-satunya faktor pembeda dari kesuksesan yang dimiliki oleh banyak orang.

Memikirkan Apa yang Dimakan
Ini mungkin sepele, namun sangat penting. Dari sekarang Anda harus mulai menegaskan kepada anak Anda bahwa bagaimanapun kebiasaan makan yang dimilikinya akan mempengaruhinya di masa depan.

Biasakan anak Anda untuk makan-makanan sehat mulai dari dini, sehingga akan lebih mudah baginya di masa depan untuk membiasakan diri sendiri.

Menghargai Orang Lain
Sikap menghargai orang lain dapat ditunjukkan dengan berbagai cara, seperti memandang mata lawan bicara ketika mengucapkan terima kasih atau tidak memukul wanita. Hal ini yang memang harus dibiasakan sejak dini. (liputan6.com/Salimah)