Bunda, Ini 8 Cara Atasi Anak yang Takut Disuntik

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 8 Cara Atasi Anak yang Takut Disuntik
ilustrasi

PortalMadura.Com – Maraknya imunisasi membuat mayoritas anak ketakutan saat melihat jarum suntik. Di sinilah peran orang tua sangat diperlukan. Satu hal yang terpenting adalah orang tua harus tenang.

Sebab, tidak jarang orang tua ikut panik ketika anaknya akan disuntik. Kepanikan orang tua ini justru membuat anak menjadi lebih ketakutan. Maka, sangat baik untuk menenangkan diri terlebih dahulu sebelum menenangkan si kecil. Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat orang tua lakukan agar anak tidak takut jarum suntik. Apa saja?.

Berikut ini delapan cara mengatasi anak yang takut disuntik:

Berikan Senyuman
Penelitian menunjukkan, orang tua yang berkata ‘jangan khawatir’ atau ‘ tidak apa-apa’ justru membuat anak stres. Sebab, saat mendengar penyataan itu, anak justru menangkap ada sesuatu yang mengkhawatirkan. Sebaliknya, jika Andamemperlihatkan senyum dan sikap yang tenang, hal ini bisa membuat anak juga merasa tenang.

Utamakan Kejujuran
Hindari mengatakan bahwa tusukan jarum pada proses vaksinasi tidak menyakitkan. Sebab, jika anak menyadari bahwa rasanya sakit, Anda akan dicap sebagai pembohong. Lebih baik mengatakan dengan jujur bahwa proses vaksinasi mungkin terasa sakit, tetapi hanya sebentar, dan rasa sakitnya dapat ditahan.

Jangan Menunda
Makin dini pemberian imunisasi, maka makin mudah pula prosesnya, sebab bayi tidak bisa mengingat rasa sakit ketika diimunisasi. Sebaliknya, balita dan anak-anak prasekolah akan lebih sulit, karena mereka sudah tahu bahwa jarum suntik menyakitkan.

Jika anak Anda masih bayi, jangan menunda pemberian imunisasi bila usianya sudah cukup untuk mendapatkannya.

Beri Tahu Anak Waktu Penyuntikan
Sebelum dilakukan vaksinasi, beri tahu anak bahwa hari itu dia akan diimunisasi dengan cara disuntik menggunakan jarum. Di satu sisi, mungkin anak akan merasa cemas, tapi hal ini dianggap lebih baik daripada langsung datang ke dokter tanpa memberitahunya terlebih dahulu.

Berikan Gambaran
Anak-anak merasa takut pada jarum suntik karena belum memahaminya. Berikan informasi tentang alasan dilakukannya vaksinasi, sekaligus ceritakan proses berlangsungnya vaksinasi.

Selain itu, berikan gambaran bentuk dan ukuran jarum suntik yang digunakan. Kalau bisa, biarkan anak melihat teman-temannya yang sudah berani, dan akhirnya berhasil melakukan vaksinasi.

Buatlah Anak Merasa Gembira
Beri informasi mengenai vaksinasi pada anak, dan buatlah anak tetap ceria sebelum dan setelah prosesnya selesai. Ajak anak melakukan aktivitas yang menggembirakan, seperti bercerita hal yang lucu, menyanyi, atau mendengarkan musik.

Berikan Dukungan Moral
Usahakan menunggu anak selama proses vaksinasi. Bawakan mainan atau boneka kesayangannya. Dukungan moral seperti ini membantu menjadikan anak merasa nyaman.

Mengurangi Rasa Sakit
Anda dapat menempelkan es pada kulit anak. Lakukan sesaat sebelum vaksinasi, selama satu menit. Hal ini akan mengurangi rasa sakit ketika jarum suntik menembus kulit. Ada lagi cara yang umumnya efektif agar anak mau disuntik, yaitu memberikan hadiah. Dengan menawarkan hadiah yang menarik, maka diharapkan anak akan berhasil melawan ketakutannya akan jarum suntik. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.