Bunda, Ini 8 Kemampuan yang Perlu Anda Ajarkan pada Si Kecil Sebelum Masuk Paud

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 8 Kemampuan yang Perlu Anda Ajarkan pada Si Kecil Sebelum Masuk Paud
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring bertambahnya usia anak, pendidikan tentu merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat terelakkan. Keputusan dalam menentukan pendidikan anak memang menjadi hal yang terpenting karena menyangkut masa depan mereka.

Untuk itu, saat orang tua berencana mengikutkan si kecil ke Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD, ada beberapa kemampuan yang perlu dimiliki anak. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

Kemandirian
Kemandirian jadi salah satu hal yang perlu dimiliki anak sebagai persiapan masuk PAUD. Biarkan si kecil menyelesaikan masalahnya sendiri karena anak-anak akan belajar dari kesalahan mereka. Direktur prasekolah A Children’s Carousel di Weston, Florida, Grace Geller, menyarankan untuk mendorong kemandirian anak dengan hal-hal mendasar. Misalnya, mencuci tangan, memakai baju, sikat gigi, dan sebagainya.

Toilet Training
Sebelum ikut PAUD, pastikan anak sudah terbiasa buang air di toilet. Jika orang tua belum melatihnya untuk buang air di toilet, coba mulai latih mereka. Tapi, jika mereka belum siap, jangan dipaksa. Kalau popoknya masih kering dalam waktu satu jam, kemungkinan si anak sudah siap nih untuk dilatih buang air di toilet.

Merapikan Barang
Sebelum masuk PAUD, anak perlu diajari merapikan barang. Orang tua bisa memulainya dengan mengajak anak merapikan mainannya. Ajari anak memasukkan mainan ke tempatnya sesuai dengan kategori. Misalnya, ada kotak khusus mobil-mobilan dan kotak lainnya untuk mainan dinosaurus. Jadikan itu kebiasaan setiap selesai bermain.

Keterampilan Sosial
Menurut wakil presiden The Kiddy Academy di Abingdon, Maryland, Clairie Haas, kesiapan sosial lebih utama dibanding kesiapan akademis ketika anak akan masuk PAUD. Keterampilan sosial yang dimaksud yaitu dapatkah anak bermain dengan teman sebayanya. Anak juga sudah mulai diajarkan mengenai sopan santun, bagaimana cara mengatakan tolong, maaf, dan terima kasih.

Kesiapan Emosional
Ketika anak menunjukkan emosi seperti menangis, sebaiknya orang tua tidak merendahkan mereka dengan kalimat, “Jangan nangis ah. Kayak bayi aja”. Lebih baik orang tua memahami emosi anak. Misalnya, bisa aja anak rewel karena lelah atau ngantuk. Belajar mengelola dan mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat tidak cuma penting sebagai persiapan anak masuk PAUD tapi juga untuk ke depannya.

Keterampilan Komunikasi
Orang tua sangat berperan penting dalam perkembangan keterampilan komunikasi anak. Mereka akan belajar kosa kata baru dari percakapan dengan Ayah dan Bundanya. Mulailah percakapan dengan hal-hal sederhana seperti kegiatan sehari-hari. Orang tua yang sibuk bekerja juga tetap bisa meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak, misalnya pada saat makan malam.

Paham Informasi Dasar
Sebelum masuk PAUD, ajari anak hal-hal mendasar seperti nama lengkap, nama orang tua, dan alamat rumah. Bahkan, mungkin anak juga bisa diajari menghafal nomor telepon juga menekan tombol telepon.

Belajar dengan Menyenangkan
Anak jauh lebih senang ketika belajar dilakukan dalam bentuk yang menyenangkan, bukan latihan atau hafalan. Orang tua bisa mengajari mereka berhitung ketika sedang di jalan, seperti ajak anak menghitung jumlah kursi yang ada di taman atau huruf-huruf yang ada di papan.

Kegiatan fisik ternyata mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Sehingga si kecil menjadi lebih siap ketika belajar di prasekolah. Kegiatan fisik tidak hanya melibatkan tubuh, tapi juga melibatkan otak. Jadi dapat melatih otak.

“Ketika anak-anak berjalan, melompat, dan belajar naik sepeda roda tiga, mereka tidak hanya berolahraga untuk tubuh mereka. Tetapi mereka juga melibatkan kerja otak, itulah sebabnya mengapa bermain juga sangat penting untuk perkembangan kognitif anak,” ujar para ahli dari American Academy of Pediatric. (haibunda.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.