Bunda, Ini Lho Manfaatnya Mainan Edukatif Bagi Si Kecil

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Dunia adalah dunia bermain, ungkapan itu bukan sekedar retorika belaka, tetapi merupakan kebutuhan mental, fisik dan psikologis anak dalam masa perkembangannya.

Bermain merupakan kebahagiaan bagi anak-anak karena dengan bermain mereka bisa mengekspresikan berbagai perasaanya serta belajar bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Selain itu, akan jauh lebih baik jika menyediakan mainan yang juga memberikan kesempatan anak belajar. Sekarang ada banyak sekali jenis mainan yang memiliki sifat edukatif, sehingga mengajari anak untuk belajar di saat bermain. Adapun manfaat penting dari mainan untuk anak jenis ini cukup banyak, antara lain:

Mengenalkan warna dan bentuk

Seorang anak ketika lahir akan disuguhkan dengan berbagai warna dan bentuk benda. Dengan mainan anak edukatif Anda bisa mengenalkan ragam warna serta variasi bentuk seperti persegi panjang, segitiga, lingkaran dan sebagainya.

Melatih konsentrasi

Jenis mainan anak edukatif yang dapat melatih konsentrasi adalah puzzle. Puzzle akan memaksa anak untuk berkonsentrasi untuk memperhatikan potongan–potongan yang tidak lengkap serta mencocokan potongan tersebut berdasarkan kecocokan antara bentuk dan gambar.

Selain itu, jenis permainan ini tidak membutuhkan gerakan aktif dari si anak sehingga tingkat konsentrasi si anak akan tinggi.

Mengenalkan hukum sebab akibat

Dari mainan–mainan edukatif, seorang anak akan menyimpulkan dengan sendirinya mengenai hukum sebab dan aibat. Saat seorang anak bermainan bola kemudian bola memantul, biasanya sang anak akan kembali melempar bolanya agar bola kembali terpantul. Di sini anak mulai dapat mengerti bahwa dengan lemparan maka akan mengakibatkan bola terpantul. Inilah salah satu contoh dari proses pembelajaran mengenai hukum sebab dan akibat yang diperoleh dari mainan anak.

Melatih kemampuan gerak

Anak akan berusaha melakukan kegiatan yang mengikutsertakan kemampuan motorik. Kemampuan motosik sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu halus dan kasar. Untuk kemampuan motorik halus adalah pada saat seorang anak memegang mainan, mengelus mainan. menyentuh mainan dan menjemputnya. Sementara untuk motorik kasar adalah pada saat si anak berusaha menggerak-gerakkan mainan, mendorong mainan serta melempar mainan.

Melatih bahasa

Ketika seorang anak bermain dengan mainan anak edukatif, usahakan berikan beberapa penjelasan atau penuturan cerita agar si anak mendapatkan wawasan bahasa baru sehingga kemampun berbicara serta berbahasa anak akan semakin terasah. (perempuan.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.