Bunda, Ini Trik Jitu Hindari Anak Jajan Sembarangan

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Ini Trik Jitu Hindari Anak Jajan Sembarangan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam memilih jajanan yang disukai -anak, sebagai orang tua harus pandai-pandai memilih makanan yang sehat dan bernutrisi untuk tumbuh kembang anak. Orang tua sangat perlu mengajarkan dan mengajak anak untuk terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat. Seperti yang kita tahu, di luar sana ada banyak penjual jajan untuk anak yang mungkin saja tidak memperhatikan dampak buruk jajan tersebut ke anak.

Untuk itu, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mengajak anak jajan dengan bijak dan tak sembarangan dalam memilih jajan. Lantas, bagaimana tips agar anak tidak jajan sembarangan di luar rumah? Di bawah ini beberapa cara yang dapat ibu lakukan adalah:

Membuatkan sarapan setiap pagi

Kurang sarapan atau tidak sarapan menjadi alasan tersering anak untuk jajan, oleh karena itu ibu usahakan untuk menyediakan sarapan setiap pagi sebelum anak berangkat sekolah, bila anak sudah kenyang maka akan semakin kecil keinginan anak untuk jajan.

Ajak anak untuk membuat bekal

Membawa bekal adalah cara paling tepat agar anak tidak jajan, jika sudah dari kecil anak diajarkan untuk membuat bekal nantinya anak akan terbiasa untuk membawa bekal dan mengurangi rasa ingin jajan. Selain itu dengan membawa bekal anak juga akan belajar untuk menghemat sehingga uang yang tidak di jajankan dapat ditabungkan.

Buat makanan ringan sendiri

Bila ibu tidak ingin jajan di luar sama sekali selain membawakan anak bekal ibu juga bisa membuat cemilan sendiri dengan bahan-bahan yang aman dikonsumsi untuk dibawa anak ke sekolah. Usahakan cemilan yang ibu buat bervariasi setiap harinya sehingga anak tidak bosan.

Berikan contoh untuk tidak jajan sembarangan

Ibu dan ayah juga dapat mengajarkan anak untuk tidak jajan dengan menjadi contoh. Misalnya saat sedang berpergian ibu sudah menyiapkan bekal sehingga tidak perlu jajan lagi.

Demikian cara-cara sederhana untuk mencegah agar anak tidak jajan sembarangan baik di sekolah ataupun di luar rumah. Memberikan contoh adalah cara paling tepat karena lebih mudah untuk dimengerti karena pada dasarnya anak hanya akan mencotoh orangtuanya sendiri. (perempuan.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.