oleh

Bunda, Ketahui 5 Fakta Tentang Bayi Baru Lahir

PortalMadura.Com – Pasangan suami istri yang baru mempunyai bayi tentu sangat membahagiakan sekaligus khawatir. Karena mereka belum mempunyai pengalaman mengasuh bayi apalagi baru lahir.

Oleh karena itu, bunda perlu mengetahui beberapa fakta tentang bayi baru lahir. Bayi baru lahir sangat perlu mendapatkan perhatian lebih. Kondisinya pun sangat rentan. Hal ini karena secara fisiologis, saluran cerna bayi belum matang sempurna. Hal ini disampaikan dr.Badriul Hegar, Ph.D, Sp.A(K), dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

“Selain itu, secara fisiologis juga mukosa saluran cerna bayi masih terbuka. Ini artinya protein tertentu, molekul-molekul besar dan bahkan juga kuman patogen, menjadi mudah masuk ke aliran darah. Kan tidak ada penghalangnya,” ujar Hegar, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman haibunda.com yang dikutip dari detikcom.

Hegar juga mengatakan, sebagian besar bayi baru lahir sistem imunnya belum berkembang sempurna. Maka, terpapar sedikit saja bakteri atau virus, bayi jadi mudah terkena infeksi dan sakit.

Berikut beberapa fakta tentang bayi baru lahir:

Bentuk Bayi Baru Lahir

Saat baru keluar dari rahim Bunda, kepala bayi mungkin terlihat sangat lunak. Bayi juga mungkin ditumbuhi banyak rambut halus yang disebut lanugo. Wajahnya juga terlihat bengkak dengan mata tertutup dan sedikit lengket.

Ini wajar, karena dia menghabiskan waktunya selama sembilan bulan dalam rahim. Tenang, dalam beberapa waktu dia akan terlihat cantik atau tampan seperti yang Bunda bayangkan.

Kulit Kering

“Jika kita merendam diri dalam cairan selama sembilan bulan dan kemudian mengudara, kita akan kering juga,” kata dokter anak, Laura Jana, M.D.

Loading...

Sama seperti kulit bayi. Awalnya, kulit bayi mungkin lembut dan halus, namun kemudian berubah mengering. Nah, Bunda tidak perlu khawatir soal kulit kering yang biasanya terlihat mengelupas. Hal ini wajar karena bayi mesti menyesuaikan diri di lingkungan baru. Tidak hanya itu, ruam popok, bahkan jerawat bayi juga bisa muncul. Untuk mengatasinya, Bunda boleh oleskan lotion bayi hipoalergenik yang bebas pewangi.

Sering Menangis

Di awal menjadi orang tua, mungkin Bunda dan Ayah akan kerepotan karena setiap hari mendengar tangisan bayi. Mereka menangis biasanya karena lapar, popoknya kotor, atau ingin digendong. Jangan frustrasi ya, Bun, karena menangis memang cara mereka berkomunikasi.

Baca Juga: Rumah Kos Jadi Tempat Pemerkosaan Ditutup Paksa Tim Gabungan di Sumenep

Banyak Tidur Tapi Tidak Lama

Bayi perlu makan setiap dua hingga tiga jam, jadi Bunda mungkin tidak akan banyak tidur karena harus menyusui si kecil di tengah malam. Selain itu, Bunda boleh membangunkan bayi saat sedang tidur untuk disusui, jika dirasa tidurnya sudah terlalu lama. Dikhawatirkan jika bayi kurang minum, dia bisa dehidrasi dan nutrisinya kurang.

Tahap Baru Lahir Cepat Berlalu

Masa-masa bayi baru lahir mungkin memang sulit, Bun. Stres dan lelah, perasaan demikian pasti bercampur aduk. Namun percayalah, masa itu sangat cepat berlalu. Bahkan, Bunda akan merindukannya. Jadi, nikmatilah setiap momen saat merawat bayi baru lahir ya, Bun.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: haibunda.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar