oleh

Bunda, Lakukan 6 Cara Ini Jika Si Kecil Suka Menyendiri

PortalMadura.Com – Orang tua pasti ingin mempunyai anak yang aktif dan mudah bergaul dengan siapapun, sehingga akan disenangi banyak orang. Namun, bagaimana jika anak merasa kesepian dan menjadi pendiam?

Ternyata wajar, ketika si kecil suka menyendiri karena kesepian tidak punya teman sebaya di lingkungan sekitarnya. Yang menjadi persoalan, ketika memasuki masa sekolah dengan lingkungan yang semakin luas, si kecil masih suka menyendiri dan tidak peduli pada teman-temannya. Lantas apa yang perlu Bunda lakukan?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (21/11/2019) dari laman haibunda.com yang dikutip dari Net Doctor. Berikut cara yang bisa Bunda lakukan untuk menghadapi anak yang suka menyendiri:

Pastikan Jika Anak Benar-benar ‘Kesepian’

Sebelum membuat masalah menjadi besar, sebaiknya pastikan dulu tipe kesepian anak. Bisa saja itu periode isolasi yang sifatnya mendalam, atau hanya karena masalah biasa.

Hindari Menganggap Anak sebagai Korban

Sekalipun si kecil kesepian dan suka menyendiri di sekolah atau di rumah, jangan sampai menganggap mereka sebagai korban. Sebab, dalam jangka panjang, ini tidak akan membantu.

Bunda harus bicara dengan anak tentang apa itu teman baik dan bagaimana mereka harus bertindak menjadi teman yang baik bagi orang lain.

Loading...

Jangan Berlebihan

Tidak memberikan anak waktu untuk menyendiri, secara ironis justru membuat mereka kesepian. Berlebihan membantu anak sama seperti menghentikannya untuk berkembang.

Baca Juga: Batuputih Gempar, Video Janda Bugil Menyebar via Medsos

Jangan Paksa Anak

Jangan pernah paksa anak melakukan sesuatu yang bikin tidak nyaman, ya Bun. Misalnya, memaksa untuk bermain dengan teman sebayanya. Beri waktu bagi si kecil untuk pelan-pelan membuat ide yang awalnya mereka tolak.

Minta Bantuan Keluarga

Solusi pertama untuk menghadapi anak yang suka menyendiri yaitu keluarga. Bunda bisa buat kegiatan keluarga, sehingga anak punya kesempatan untuk bersosialisasi. Dengan begitu, mereka bisa mengenal dan mempercayai orang lain.

Bicara dengan Guru

Bicaralah dengan guru di sekolah tentang sikap anak yang suka menyendiri. Guru merupakan ahli yang bisa menenangkan dan memberi solusi.

Dalam beberapa kasus, anak suka melebih-lebihkan soal dirinya yang kesepian. Tapi dalam kasus lain bisa terjadi karena intimidasi. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan ke ahli atau profesional ya, Bun.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: haibunda.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE