Bunda, Latihlah Si Kecil dengan Cara Ini Agar Cepat Beradaptasi di Lingkungan Baru

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Latihlah Si Kecil dengan Cara Ini Agar Cepat Beradaptasi di Lingkungan Baru
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu aspek yang perlu diajarkan pada seorang anak sejak dini yaitu kemampuan dengan lingkungan baru. Banyak orang yang bilang bahwa kemampuan beradaptasi ini merupakan bawaan sejak lahir.

Ada yang memang mudah beradaptasi sehingga kehidupan di lingkungannya menjadi berwarna. Akan tetapi, ada juga yang sulit untuk beradaptasi. Padahal hal ini tidak hanya berasal dari kepribadian bawaannya, melainkan juga dari didikan atau kebiasaan orang tua dalam melatih anak sehari-hari.

Mulai sejak kecil, ada orang tua yang melakukan setiap keputusan dengan berorientasi pada kenyamanan dan keamanan si kecil. Tapi sesekali, coba buat keputusan yang membuat si kecil menyesuaikan diri.

“Misalnya, tidak melulu memberi makanan rumahan dan tidur di kamar berpendingin. Anak juga harus dilatih mengonsumsi makanan lain dan tidur di kamar seadanya. Hal-hal kecil ini sering dilupakan,” ujar Arnetta Smith, seorang psikolog keluarga.

Begitu juga saat di rumah, minta anak-anak juga mendengarkan pendapat orang tua dan menerima serta menyesuaikan diri dengan hal itu. Sehingga mental anak terlatih dengan adanya perubahan.

“Coba ajak anak melakukan banyak kegiatan sosial. Bukan hanya di sekolah, tapi juga di sekitar rumah. Bantu membersihkan lingkungan dan bergaul dengan anak-anak dari komunitas lain,” ungkap Smith.

Menginap di lingkungan lain seperti rumah kerabat juga sebenarnya melatih anak untuk beradaptasi. Buatlah suasana seperti petualangan seru. Jika anak merasa tidak nyaman itu adalah hal normal. Katakan padanya ia nanti akan mendapat banyak pengalaman baru dan beradaptasi adalah hal yang harus selalu dilakukan. (dream.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.