Bunda, Perhatikan 3 Aturan Ini Saat Beri Makan Anak Pertama kali

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Perhatikan 3 Aturan Ini Saat Beri Makan Anak Pertama kali
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengenalkan makan pertama kali pada anak perlu kesabaran ekstra. Meskipun begitu, tetap harus dilakukan untuk menyempurnakan gizi si kecil. Sehingga bisa mendukung tumbuh kembangnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan bunda, namun tetap harus memahami beberapa aturan saat memberi pertama. Apa saja aturannya? Berikut penjelasannya:

Jadwal
Bunda bisa berikan makanan dan snack sehat pada anak secara teratur. Sebaiknya jangan tawarkan camilan lain saat makan kecuali minum.

Jadwal makan anak bisa menyesuaikan usianya ya, Bun. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), usia 6 sampai 8 bulan, frekuensi makan anak 2 sampai 3 kali sehari. Sedangkan, di usia 9 sampai 23 bulan, anak bisa makan 3 sampai 4 kali sehari.

Lingkungan
Ciptakan suasana yang menyenangkan saat anak makan. Selain itu, jangan paksa anak jika mereka menolak.

Penggunaan gadget juga harus diperhatikan. Kecenderungan anak makan sambil menonton video dari gadget kini banyak dilakukan orang tua agar anak mau makan.

Hindari juga memberi reward atau hadiah pada anak karena berhasil makan. Misalnya, dengan menjanjikan memberikan permen bila makanan habis.

Baca Juga: Mobil Wakil Ketua PN Sampang Terlibat Kecelakaan

Prosedur
Utamakan anak untuk makan dulu baru minum. Bila dia tidak mau makan dan memberi respons memalingkan kepala, menangis, dan menutup mulut, usahakan tetap tawarkan kembali makanan.

Tapi ingat ya, jangan dipaksa. Tawarkan makanan secara netral seperti biasa.

Proses memberi makan anak, memang butuh kesabaran ekstra. Selain sabar, makan menjadi kontak dengan anak, periode belajar, dan mencintai. Jangan lupa ajak mereka berkomunikasi, misalnya dengan mengenalkan makanan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.