Bupati Award 2022, Ubah Mindset dalam Tata Kelola Pemerintahan

Penulis: HartonoEditor: Hartono

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Bupati Award 2022 bagi Camat dan Lurah.

Tahapannya sudah sampai pada penilaian lapangan. Ada 11 orang atau tim yang terjun langsung untuk melakukan penilaian tersebut.

Unsurnya, 3 orang independen dan 8 lainnya dari instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, di antaranya, Inspektorat, Bappeda, PKBSDM, DPMD, dan Tata Pemerintahan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pemkab Sumenep Didik Wahyudi menjelaskan, pelaksanaan Bupati Award 2022 jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Ini bukan ajang, tapi sarat dengan nilai. Merupakan sebuah antara untuk mendongkrak kinerja menuju reformasi birokrasi, terutama mindset perubahan tata kelola pemerintahan,” terang Didik Wahyudi, Minggu (11/9/2022).

Melalui Bupati Award 2022, kata dia, baik Camat maupun Lurah agar bisa bekerja responsif dan muncul inovasi baru serta berintegritas. “Semua kolaborasi itu untuk peningkatan kinerja. Oleh karena itu, tahun ini mengubah strategi,” katanya.

Pihaknya menegaskan, bahwa Bupati Award 2022 merupakan tujuan antara untuk kemajuan kinerja dan pada hakekatnya agar responsif, bukan hanya bekerja rutinitas.

Maka dalam penilaiannya dimulai dari tertib administrasi. Sebab, administrasi merupakan tulang punggung sebuah institusi. “Institusi pemerintah itu kerja organisatoris yang didalamnya ada personel. Maka kerjanya harus ada titian administrasi yang tertib,” tandasnya.

Seiring dengan hal tersebut, pihaknya menyiapkan sebuah piranti. Dimulai dari penjaringan administrasi, kemudian masuk tahap kedua adalah bagaimana mereka mampu menunjukkan dalam sebuah paparan atau video pendek yang mampu menggambarkan sedikit tentang pekerjaan di institusi masing-masing.

“Maka juri akan memberikan nilai secara natural dan obyektif. Tentunya, akan ada yang berbeda, ada yang menonjol di public speaking-nya, ada yang muncul gayanya. Tetapi pada hakekatnya, hanya mengelaborasi untuk menuju tujuan yang sebenarnya,” urainya.

Pada tahap pembuktian, tim penilai turun langsung ke lapangan. “Tim turun untuk melihat kebenaran dari informasi administrasi dan yang disampaikan melalui indepth wawancara itu,” katanya.

Semua penilaian tim diakomulasikan dan nilai akhir itulah yang akan menunjukkan siapa yang masuk Bupati Award 2022. “Semua nilai tentu baik, tetapi tim mencari yang berbeda yaitu yang terbaik nilainya,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.