oleh

Bupati Bangkalan: TMMD Membangun Desa Demi Kesejahteraan Masyarakat

PortalMadura.Com, Bangkalan – “Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 Tahun 2017 yang dilakukan di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, merupakan program pemerintah yang berkelanjutan dan berkesinambungan guna membangun desa demi kesejahteraan masyarakat,” demikian disampaikan Bupati Bangkalan R.K. Moh. Makmun Ibnu Fuad, saat membuka TMMD di Lapangan Desa Bragang, Kecamatan Klampis, Bangkalan, Rabu (5/4/2017) pagi.

Tema yang diangkat dalam program TMMD ke 98 tahun 2017 ini adalah “Dengan semangat kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan Di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Keutuhan Wilayah NKRI”.

“Dengan semangat gotong royong semua pihak, pemerintah berkomitmen melakukan percepatan pembangunan di Desa. Diharapkan dalam waktu 30 hari mulai tanggal 5 April hingga 5 Mei 2017, pelaksanaan TMMD dapat berjalan dengan baik sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh Masyarakat. Semoga kemanunggalan TNI dengan masyarakat semakin solid,” ujarnya saat memimpin upacara pembukaan TMMD ke 98.

Ditempat yang sama Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czy Denny Herman menjelaskan, TMMD ke-98 Tahun 2017 dilakukan supaya para anggota TNI bisa merasakan dan tahu kondisi sebenarnya yang ada di masyarakat. Sehingga mereka bisa senantiasa dalam membantu masyarakat di bawah.

“Untuk di Bangkalan ini, TNI akan merehap sebuah rumah dan membangun fasilitas umum lainnya seperti jalan, MCK dan masjid,” ungkapnya.

Menurut Danrem, pihaknya berharap melalui program TMMD ini mampu mewujudkan wilayah yang tangguh dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam kegiatan tersebut, TNI bekerjasama dengan lintas sektoral serta masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya dari berbagai pihak. Seperti para tokoh masyarakat, tokoh ulama dan pemerintah setempat, demi kelancaran pelaksanaan TMMD kali ini,” ucapnya.

Danrem menambahkan, program TMMD yang dilakukan di Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan kali ini merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai upaya meningkatkan peran serta TNI di bidang sosial dan pemberdayaan masyarakat.

“Program TMMD ini sebenarnya merupakan wajud dari perjuangan yang dilakukan tentara, yakni memperjuangkan memberantas kemiskinan,” katanya menjelaskan.

Sementara, Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., mengatakan, Selasa, (04/04/2017), seluruh pasukan yang tiba sudah dilakukan serah terima komando.

Dandim menjelaskan sasaran TMMD ke 98 TA. 2017 di Bangkalan kali ini, diantaranya sasaran fisik pengaspalan jalan sepanjang 2.425 m, pembuatan gorong-gorong, pembangunan MCK dan jamban, pavingisasi tempat ibadah, dan pembuatan pos Kamling.

Sedangkan sasaran non fisik kegiatan penyuluhan dari BPBN dan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatn dan sanitasi, penyuluhan sosial terkait undang-undang perkawinan, penyuluhan pertanian dan perkebunan, penyuluhan bahaya narkoba, serta penyuluhan ketenagakerjaan.

Di lokasi TMMD juga akan diadakan kegiatan pengobatan gratis dan pelayanan KB, penyuluhan Kamtibmas serta kegiatan penghijauan dan lainnya.

“Demi mensukseskan Kegiatan TMMD ke 98 di Bangkalan, seluruh komponen masyarakat turut dilibatkan.  Selain Danrem dan Bupati Bangkalan, Kegiatan ini juga akan dihadiri oleh, Dandim 0830/Surabaya Utara, Dandim 0832/Surabaya Selatan, Danlanal Batuporon, Kapolres Bangkalan, dan  para Camat serta tokoh masyarakat se-Bangkalan serta seluruh peserta dan para undangan,” tutup Dandim.(rilis/adv/Hartono)