oleh

Bupati Pamekasan Launching Mobil Batik, Baddrut Tamam: Mobdin Dibranding Batik Satu-satunya di Indonesia

PortalMadura.Com, Pamekasan – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam melaunching mobil dinas yang dibranding batik milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Senin (7/1/2019).

Pantauan PortalMadura.Com di lokasi, ada 90 kendaraan dinas yang dilaunching berangkat dari Pendopo Ronggosukowati Jalan Kabupaten menuju Monumen Arek Lancor, baik roda dua atau pun roda empat dengan batik yang digunakan adalah motif sekar jagad sebagai motif khas Pamekasan.

“Ini sebagai ikhtiar kita mempromosikan batik khas Pamekasan, makanya kita branding semua mobil dinas dengan batik. Dan ini menjadi satu-satunya mobdin di Indonesia yang dibranding batik, ” terang Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Pria yang akrab disapa Ra Baddrut tersebut menambahkan, dengan adanya mobil dinas yang dibranding batik ini bisa memperkenalkan batik lokal bumi Gerbang Salam di kancah Nasional. Mobil batik tersebut merupakan salah satu upaya promosi meningkatkan produksi lokal, selain ikhtiar-ikhtiar lainnya.

“Kami juga akan memberikan contoh kepada Masyarakat Pamekasan supaya bisa mencintai batik lokal. Kegiatan ini juga bagian dari upaya Pemerintah dalam rangka melestarikan budaya batik khas Pamekasan, wujud dukungan bagi industri batik dengan kemasan unik, yakni mendesain warna batik pada kendaraan dinas,” tandasnya.

Mantan Anggota DPRD Jawa Timur ini berjanji akan menginstruksikan kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menggunakan batik pada setiap hari Kamis dan Jumat. Sehingga promosi batik semakin merata dan produksinya meningkat.

“Ekonomi Masyarakat kita harus meningkat, karena batik ini merupakan urat nadi perekonomian Masyarakat. Batik Pamekasan yang sudah turun temurun harus terus kita pertahankan dan bahkan harus dikembangkan, agar batik dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi Masyarakat,” tutup Sekjend IKA PMII Jawa Timur tersebut. (Marzukiy/Anek)



Komentar