Bupati Sumenep: Iduladha Menumbuhkan Empati Bagi Sesama

Avatar of PortalMadura.com
Bupati Sumenep: Iduladha Menumbuhkan Empati Bagi Sesama
Bupati Sumenep Achmad Fauzi

PortalMadura.Com, – Tiba saatnya bagi umat muslim untuk merayakan yang jatuh pada Minggu (10/7/2022).

Pada momen Iduladha 1443 hijriyah ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, menggelar gema takbir di Lapangan Kesenian Gotong Royong, Sabtu (9/7) malam.

Gema takbir diawali dengan pemukulan beduk oleh Achmad Fauzi. Diikuti Wakil Bupati Dewi Khalifah dan secara bergantian para pimpinan Forkopimda.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam sambutannya mengatakan, hadirnya Iduladha adalah dapat menumbuhkan empati bagi sesama, lebih-lebih terhadap warga yang terdampak Covid-19 selama 2 tahun terakhir.

Selain itu, belum terkendalinya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak. “Iduladha tentunya menumbuhkan empati kita kepada warga. Dan semoga kasus PMK cepat terkendali di tanah air tercinta,” katanya.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, ada dua peristiwa penting pada pelaksanaan Iduladha 2022, yakni terlaksananya ibadah haji dan ibadah kurban.

“Sebagian warga kita ada yang dapat melaksanakan haji meski dengan kuota terbatas setelah 2 tahun dihentikan akibat Covid-19,” terangnya.

Kuota terbatas itu, kata dia, merupakan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi, selain umur jemaah calon haji juga dibatasi maksimal 65 tahun per tanggal 30 Juni 2022.

Peristiwa penting yang kedua adalah berkurban. “Ini bukti kita untuk menumbuhkan kesadaran dan peduli kepada sesama agar mengeluarkan sebagian harta kita,” ucapnya.

Dari dua peristiwa penting itu, ada dua hikmah yang dapat diambil yakni harus bersyukur kepada Allah SWT, karena warga Sumenep yang sudah lama menunggu akhirnya dapat melaksanakan haji tahun ini.

“Hikmah kedua, bagi yang punya harta hendaknya berkurban guna meringankan beban warga yang lainnya,” katanya.

“Semoga dengan momentum Iduladha ini, kita bisa menghilangkan yang kurang baik dan menunjukkan sifat-sifat yang humanis kepada sesama,” pungkas Fauzi.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.